Pandemi virus corona masih mengintai kesehatan manusia, namun kini ada ancaman baru. Para ilmuwan dari Cina menemukan virus flu baru yang mengancam jiwa manusia. Disebut-sebut virus ini berpotensi jadi pandemi di masa yang akan datang.

Virus disebut G4 EA H1N1 oleh para peneliti. Virus ini dapat tumbuh dan berkembang biak di sel-sel yang melapisi saluran udara manusia.

Para ilmuwan menemukan virus ini pada tubuh babi dan meniginfeksi manusia. Ilmuwan khawatir bahwa virus itu dapat bermutasi sehingga dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain, dan memicu wabah global. Para ilmuwan menulis ini dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences.

Baca Juga: Ancaman Baru Virus Flu Babi, Kementan Perketat Laboratorium Kesehatan Hewan di Tanah Air

Baca Juga: Selain Corona, Ilmuwan Sebut Ada 2 Juta Virus di Tubuh Hewan Mengintai Kesehatan Manusia

Meskipun ini bukan masalah langsung, para ilmuwan berhasil mengidentifikasi ciri-ciri virus ini dan hal ini perlu pemantauan yang ketat. Karena virus ini baru, manusia hanya memiliki sedikit kekebalan bahkan bisa juga sama sekali tak memiliki kekebalan terhadap virus.

Jenis flu baru yang telah diidentifikasi ini disebut mirip dengan flu babi yang marak di tahun 2009, tetapi dengan beberapa perubahan baru. Sejauh ini, virus yang ditemukan para ilmuwan tidak menimbulkan ancaman besar, namun para ilmuwan masih terus mempelajari virus ini lebih lanjut.

"Saat ini kita sedang teralihkan dengan virus corona dan memang begitu. Tetapi kita tidak boleh melupakan virus baru yang berpotensi berbahaya," ujar Prof Kin-Chow Chang, yang bekerja di Universitas Nottingham di Inggris kepada BBC.

"Meskipun virus baru ini bukan masalah langsung, kita seharusnya tidak mengabaikannya," sambungnya.