Hallo, Beauty! Apakah kamu suka begadang? Entah karena pekerjaan atau tugas kuliah. Atau kamu ingin tidur cepat tapi malah enggak bisa tidur akhirnya malah tidur pagi? Tidur merupakan salah satu aktifitas yang paling penting untuk tubuh kita lho. Kalau kamu kurang istirahat maka tubuh kamu akan merasa lemah, produktifitas kamu menurun, tingkat level stressmu meningkat hingga bisa membuat kamu depresi.

Kalau begitu, kira-kira kita membutuhkan apa saja dan berapa lama untuk mendapatkan tidur yang berkualitas agar keesokan harinya bisa beraktifitas dengan optimal? Nah, berikut ini adalah jawaban dari semua pertanyaanmu tadi, Beauty. Yuk, langsung artikel yang telah dirangkum (30/06/2020) dari berbagai sumber ini.

Tubuh akan Menyesuaikan Waktu Istirahat dengan Aktifitasmu

Baca Juga: Katanya, Kurang Tidur Sebabkan Tubuh Nyeri Keesokan Harinya, Kok bisa Ya?

Baca Juga: Tak Usah Gunakan Obat Tidur, 3 Cara Ini Bikin Tidur Kamu Nyenyak Lho..

Dilansir dari berbagai sumber, tubuh manusia sebenarnya bisa mentukan waktu siang dan malam untuk memilih pola tidurnya. Kalau kamu memiliki aktifitas di siang hari dan tidur di malam hari maka waktu yang tepat untuk kamu beristirahat ada di jam 10 malam hingga jam 6 pagi.

Waktu Ideal untuk Tidur Jam 10 Malam-6 Pagi

Selain waktu tersebut, tidur pada pukul 8 malam juga sangat dianjurkan. Karena kalau kamu tidur ketika jam 8 malam hingga 12 malam maka kamu akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan mimpi yang indah. Lalu, ketika kamu memiliki tidur yang cukup ketika malam, maka keesokannya kamu enggak akan merasakan ngantuk pada siang hari.

Buat Jadwal Tidur Sendiri

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Rekomendasi Durasi Tidur yang Baik Sesuai Kategori Usiamu

Baca Juga: Catat! Agar Tubuh Tetap Fit Selama Bulan Puasa, Ini 5 Tips Jaga Pola Tidur, Simak Baik-Baik Ya!

Setiap orang pasti memiliki waktu tidurnya sendiri-sendiri, jadi kamu bisa menyesuaikan waktu tidurmu sesuai dengan aktifitasmu setiap harinya. Yang penting waktu tidur mu harus memenuhi waktu ideal istirahat yaitu 7 hingga 9 jam setiap harinya ya!

Tidur di Atas Jam 12 Nggak Baik untuk Tubuh

Untuk kamu yang suka banget begadang bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan badan kamu lho! Tentunya kalau kamu tidur ketika subuh maka kamu akan bangun lebih siang atau bahkan hingga sore hari, hal ini akan mengakibatkan beberapa gejala penyakit seperti bulimia, depresi hingga seasonal affective disorder (SAD).

Bangun Pagi Banyak Manfaat

Ketika kamu bangun pagi, suasana pagi yang masih tenang dan hawa dingin bisa memberikan energy positif untuk kamu dan membuat mood kamu menjadi lebih baik. Selain itu, kalau kamu bangun pagi, maka kamu akan memiliki banyak waktu untuk menyiapkan diri sebelum kembali beraktifitas seharian.

Nah, Beauty! Boleh kok nonton drama korea tapi jangan sampai bikin kamu begadang dan sakit ya!