Menu

Duh Ngeri! Moms Jangan Biarkan Anak Main Banjir, Ini Bahayanya

Cherryn Lagustya
19 Januari 2022 16:20 WIB
Duh Ngeri! Moms Jangan Biarkan Anak Main Banjir, Ini Bahayanya

Ilustrasi anak-anak sedang main banjir (Akurat.co)

HerStory, Bekasi —

Hujan deras yang mengguyur di beberapa kota besar menyebabkan jalanan rentan tergenang air yang cukup tinggi atau bisa juga banjir. Hal seperti ini sering dimanfaatkan oleh anak-anak untuk berenang, akibatnya gak sedikit anak yang terserang penyakit.

Para orang tua yang memiliki anak-anak juga sebaiknya melarang anak bermain dengan air banjir meskipun memang terlihat sangat mengasyikkan. Berikut adalah alasan mengapa air banjir bisa berbahaya bagi anak-anak seperti dilansir dari media sindikasi Akurat.co.

Air banjir kotor dan penuh limbah

Air banjir biasanya sangat kotor karena tercampur dengan berbagai sampah, kotoran, urine, air got, hingga air pembuangan limbah. Pada air banjir, kita bisa menemukan cukup banyak bakteri berbahaya layaknya bakteri e.Coli, giardia, hepatitis A, kolera, dan lain sebagainya. Gak hanya itu, berbagai cairan kimia yang berbahaya juga bisa ditemukan pada air banjir. Jika anak-anak bermain dengan air banjir, dikhawatirkan air banjir ini tertelan dan bisa memicu infeksi atau berbagai penyakit yang cukup serius.

Benda-benda tajam di balik air banjir

Air banjir yang kotor bisa membawa berbagai benda tajam layaknya pecahan kaca, kawat, cabang pohon, atau bahkan batu-batuan. Andai anak-anak bermain di air banjir, bisa jadi mereka akan terkena benda tajam tersebut dan terluka. Padahal, kombinasi luka dan air banjir bisa memicu infeksi atau bahkan penyakit berbahaya layaknya tetanus.

Bahaya selokan atau lubang

Air banjir juga cenderung keruh sehingga membuat anak-anak yang bermain tidak bisa melihat adanya selokan atau lubang. Jika tanpa sengaja anak mendekatinya, dikhawatirkan anak akan terperosok atau bahkan tenggelam.

Nyamuk

Air banjir yang menggenang dalam waktu yang lama jelas akan menjadi tempat yang ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Jika anak bermain-main dengan air banjir, dikhawatirkan mereka lebih mudah tergigit nyamuk yang bisa saja menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Share Artikel: