Setelah sekian lama ditunggu-tunggu akhirnya peraturan mengenai larangan penggunaan kantong plastik sudah dikeluarkan lho! Nantinya peraturan ini akan berlaku mulai 1 Juli 2020 mendatang, tentu saja dengan adanya peraturan ini kamu sudah enggak boleh menggunakan plastik sekali pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya, peraturan mengenai penggunaan plastik ini sudah pernah tertulis pada Pergub Nomor 42 Tahun 2019, namun aturan tersebut baru disosialisasikan pada bulan Januari hingga Juni 2020.

Untuk kamu yang masih membandel tetap menggunakan plastik sekali pakai maka kamu akan pemerintah enggak segan-segan akan memberikan sanksi kepada orang-orang yang melanggar, begitu juga dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang perbelanjaan. Terus kalau enggak boleh pakai plastik sekali pakai, kita harus membungkus belanjaan dengan apa? Tenang, Beauty! HerStory sudah merangkum (30/06/2020) 3 bahan plastik yang bagus untuk kamu gunakan!

Kantong Plastik Berbahan Singkong

Kantong plastik ini di produksi oleh orang Indonesia lho, khususnya oleh PT. Nirana Alam Hijau Buatan. Untuk kekuatan kantong plastik ini tentu saja sudah diuji kekuatannya untuk membawa semua barang belanjaan kamu. Selain itu, kantong plastik ini juga bisa larut di lautan pada suhu tertentu, jadi kamu enggak usah khawatir kalau bahan ini gampang sobek. Kemudian, kantong ini juga bisa menyatu dengan tanah dan akan menjadi kompos alami dalam waktu dua sampai enam bulan tanpa ada rekayasa.

Baca Juga: Kamu Suka Berbelanja secara Daring? Kenali Ciri-Ciri Onlineshop Penipu Berikut ini!

Baca Juga: Waspada! Yuk, Simak 4 Cara Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi

Kantong Plastik Berbahan Rumput Laut

Kemudian ada kantong plastik dari bahan dasar rumput laut. Rumput laut merupakan salah satu bahan alami yang mudah ditemukan di Indonesia, oleh karena itu, perusahaan bernama Evoware mencoba membuat kantong plastik ramah lingkungan menggunakan bahan dasar rumput laut. Jika dilihat harganya, kantong plastik berbahan dasar rumput laut ini memiliki harga 30% lebih tinggi dibandingkan harga plastik pada umumnya. 

Kantong Plastik Berbahan Kentang

Pada tahun 2012, seorang warga India mendirikan sebuah perusahaan bernama EnviGreen yang memproduksi kantong plastik yang dibuat dari 12 bahan alami dengan bahan utamanya adalah kentang dan juga tepug tapioka. Dilansir dari The Civil Enginner, bahan-bahan mentah seperti jagung, minyak sayur, pisang dan minyak bunga nantinya akan dicampurkan menjadi bahan cair yang akan dicetak menjadi kantong plastik. Kantong plastik kentang ini dipercaya bisa hancur dalam waktu 180 hari saja lho!