Memiliki berat badan yang ideal adalah impian semua orang. Salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan metabolisme yang lancar. Laju metabolisme setiap orang berbeda-beda tergantung dengan gaya hidupnya.

Sudah jadi rahasia umum bahwa meningkatkan metabolisme biasa memberikan efek positif untuk menggugurkan lemak. Banyak ahli yang setuju bahwa meningkatkan laju metabolisme akan membuat tubuh membakar lemak yang bisa membantu proses penurunan berat badan. Lantas bagaimana cara meningkatkan metabolisme?

Menghitung Kalori

Menghitung kalori penting jika ingin meningkatkan metabolisme karena ini akan mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Selain itu, ini juga akan memberikan gambaran tentang berapa banyak kalori yang dibutuhkan setiap hari.

Baca Juga: Benarkah Minyak Kelapa Dapat Menurunkan Berat Badan?

Baca Juga: Krisis Kesehatan, Begini Cara Menjaga Metabolisme Tubuhmu!

Makan Dalam Porsi Kecil

Daripada makan dengan porsi yang banyak, cobalah untuk makan lebih sering, namun dengan poris yang kecil. Setelah kamu menentukan jumlah kalori yang sesuai dengan gaya hidupmu, sekarang saatnya untuk membagi poris makan menjadi 6-8 bagian daripada sarapan-makan siang-makan malam yang tepat. Tapi yang paling penting, jangan lewatkan sarapan!

Olahraga

Untuk meningkatkan metabolisme, kamu enggak hanya menjaga pola makan dan hitung kalori, tetapi juga perlu olahraga. Kamu bisa coba olahraga yang melibatkan latihan kardiovaskular dan juga latihan kekuatan.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Karena metabolisme membutuhkan air untuk melakukan fungsi vital tubuh, maka penting untuk minum setidaknya 8-10 gelas sehari, dan bahkan lebih jika kamu berolahraga secara teratur.