Menu

Minuman yang 'Haram' Dikonsumsi saat Perut Kosong, Awas Bawa Malapetaka!

20 Januari 2022 12:30 WIB
Minuman yang 'Haram' Dikonsumsi saat Perut Kosong, Awas Bawa Malapetaka!

Ilustrasi seorang wanita minum jus (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ketika lapar menghadang, banyak yang enggan mengisi perut langsung dengan makanan berat. Salah satu yang paling sering dipilih untuk mengisi perut kosong karena dianggap sehat adalah jus buah.

Tapi, kenyataannya minum jus buah saat perut kosong itu tak baik untuk kesehatan lho. Konsultan Ahli Gizi, Rupali Datta, menyarankan untuk enggak memulai hari dengan segelas jus buah karena dapat menambah beban ekstra pada pankreas yang masih baru bangun setelah istirahat berjam-jam.

"Dengan perut kosong, gula dalam bentuk fruktosa dalam buah-buahan bisa menyebabkan lever berlebih. Gula olahan bahkan lebih buruk, jadi hindari makanan penutup sarapan atau smoothie yang terlalu manis," ujar dr Datta dikutip Boldsky (20/1/2022).

Tidak ada salahnya menyantap smoothie (jus buah) untuk sarapan, tetapi harus diimbangi dengan benar dan dipadukan dengan makanan lain. Smoothie mungkin akan menjadi terlalu rendah kalori dan protein karena hanya mengandung karbohidrat karena buah mengandung gula alami.

Untuk mengatasi masalah ini, hindari mempermanis smoothie dengan gula olahan. Selain itu, temukan cara untuk menambahkan protein dan lemak ke dalamnya seperti dengan yogurt atau alpukat.