Menu

Pemilik Golongan Darah Ini Katanya Sulit Hamil, Waduh Segera Periksa Ya!

20 Januari 2022 16:00 WIB
Pemilik Golongan Darah Ini Katanya Sulit Hamil, Waduh Segera Periksa Ya!

Ilustrasi pasangan yang memerhatikan hasil testpack. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Golongan darah seorang wanita dapat mempengaruhi peluangnya untuk hamil lho. Hal itu diungkapkan oleh para ilmuwan melalui penelitian.

Penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang bergolongan darah O mungkin kesulitan untuk hamil. Hal ini disebabkan karena jumlah telur yang lebih rendah dan kualitas telur yang lebih buruk. Sementara wanita yang bergolongan darah A tampaknya lebih subur.

Dilansir dari laman The Guardian (20/7/2021) lebih dari 560 wanita mengikuti penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menjalani perawatan kesuburan yang dilakukan pada usia rata-rata wanita 35 tahun. Penelitian ini dipimpin oleh para ahli dari Albert Einstein College of Medicine di New York dan Universitas Yale.

Penelitin ini mengambil sampel darah untuk mengukur kadar hormon perangsang folikel (FSH), penanda kesuburan yang diketahui. Kadar FSH lebih besar dari 10 menunjukkan seorang wanita akan lebih sulit hamil daripada mereka yang kadarnya di bawah 10.

Tingkat FSH yang tinggi menunjukkan cadangan ovarium yang berkurang, yang mengacu pada kualitas telur dan jumlah telur yang tersisa untuk pembuahan. Cadangan ovarium cenderung menurun secara signifikan saat seorang wanita mencapai usia pertengahan dan akhir 30-an dan lebih cepat di awal 40-an.

Hasilnya menemukan bahwa wanita yang bergolongan darah O dua kali lebih mungkin memiliki tingkat FSH lebih besar dari 10 dibandingkan mereka yang bergolongan darah lainnya. Temuan ini falid karena berasal dari dua klinik yang berbeda.