Menu

Jangan Panik Moms! Gini Cara Alami untuk Meredakan Radang Tenggorokan pada Anak

Cherryn Lagustya
20 Januari 2022 16:40 WIB
Jangan Panik Moms! Gini Cara Alami untuk Meredakan Radang Tenggorokan pada Anak

Ilustrasi anak sakit tenggorokan. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Radang tenggorokan pada anak sering membuat orang tua cemas, gak jarang anak jadi gak nafsu makan. Kondisi tersebut tentu membuat anak gak nyaman dan gelisah karena merasakan sakit saat makan atau minum.

Anak-anak yang terinfeksi radang tenggorokan biasanya menunjukkan beberapa gejala lain seperti sakit kepala, mual, hingga kehilangan selera makan. Tapi Mom gak usah khawatir karena ada beberapa cara alami yang bisa meredakan radang tenggorokan pada anak. Melansir dari beberapa sumber, yuk simak sampai habis ya!

Garam dan air

Cara yang satu ini telah digunakan sejak zaman dahuku lho. Moms hanya perlu mencampurkan air hangat dengan setengah sendok teh garam. Minta anak untuk berkumur dengan air campuran tersebut sebanyak 5-6 kali dalam sehari.

Istirahat

Pastikan anak banyak beristirahat agar daya tahan tubuhnya lebih kuat dalam melawan kuman penyebab radang tenggorokan.

Madu dan lemon

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu sendok makan madu memiliki efek lebih baik untuk meredakan radang tenggorokan, dibanding obat batuk. Moms bisa mencampurkan satu sendok makan madu dan satu sendok makan lemon. Hangatkan campuran tersebut dan berikan pada si kecil.

Hindari beberapa makanan

Ada makanan yang harus dihindari saat anak radang tenggorokan. Makanan tersebut ialah makanan pedas, berminyak, dingin, dan keras. Makanan tersebut justru bisa memperparah infeksi yang terjadi dalam tenggorokan.

Share Artikel: