Menu

Moms! Ini Lho Dampak Buruk Balita Sering Tidur Larut Malam, Jangan Dibiasakan Ya

20 Januari 2022 17:10 WIB
Moms! Ini Lho Dampak Buruk Balita Sering Tidur Larut Malam, Jangan Dibiasakan Ya

Balita Sedang Tidur ((Unsplash/Edited by Zenzhong liu)

HerStory, Bekasi —

Tidur memang merupakan kebutuhan dasar manusia dan aktivitas penting bagi perkembangan otak dan tubuh si kecil. Namun, pada dasarnya balita memiliki banyak energi, gak jarang anak keasikan menonton TV atau bermain.

Alhasil, balita jadi sering tidur larut malam dan hal ini pasti membuat para orang tua khawatir. Balita yang tidur larut malam nampaknya harus menerapkan kedisiplinan terkait jam tidur anak. Melansir dari Step to Health, ada beberapa dampak buruk bagi anak yang kerap tidur malam lho.

Sulit berkonsentrasi

Sering tidur larut malam bisa memengaruhi psiki anak lho Moms. Tidur yang kurang dapat menyebabkan si kecil jadi kurang fokus dan konsentrasi. Anak yang terbiasa tidur larut malam juga cenderung lebih malas dan mudah mengantuk di siang harinya.

Menghambat pertumbuhan

Membiasakan si kecil tidur larut malam akan berpengaruh dalam pertumbuhannya. Hal ini dikarenakan pada masa periode emas pertumbuhan, anak harus dibiasakan untuk tidur tepat waktu. Dengan begitu, kualitas tidur anak yang terjaga pertumbuhannya bisa maksimal.

Sistem kekebalan tubuh menurun

Balita yang terbiasa tidur larut malam kekebalan tubuhnya bisa lebih cepat menurun. Memasuki usia aktif, anak juga harus mengimbanginya dengan waktu istirahat yang cukup.