Kemajuan teknologi pada zaman ini sudah enggak bisa diragukan lagi. Semua fitur yang diinginkan oleh masyarakat sudah bisa dilakukan dari gawai masing-masing. Mulai dari menyunting foto, membuat video hingga bergaya di depan kamera atau berswafoto.

Tapi ternyata melakukan swafoto juga memiliki bahaya lho, Beauty! Bahaya ini bisa menyerang kondisi psikologis kamu. Apalagi kalau kamu melakukan swafoto dengan cara yang berlebihan. Berikut ini adalah lima gangguan psikologis yang bisa membahayakan kesehatanmu yang sudah dirangkum (01/07/2020) khusus untuk kamu.

Narsisme

Baca Juga: Waduh, Banyak Masalah tapi Terlihat Baik-Baik Saja? Hati-Hati Terkena Duck Syndrome!

Baca Juga: Lewat Jenis Kentut, Kamu Bisa Tahu Kondisi Kesehatan Tubuhmu Lho!

Gangguan psikologis yang pertama adalah narsisme. Narsisme sendiri adalah gangguan mental yang membuat orang hanya berfokus pada dirinya sendiri dan orang yang memiliki gangguan ini biasanya akan sangat haus akan pujian dan dia juga akan merasa kalau dia memang pantas untuk mendapat hal seperti itu.

Gangguan Dismorfik

Pastinya setiap orang yang melakukan swafoto dan mengunggahnya ke media sosial memiliki tujuan memperlihatkan kecantikannya dan kesempurnaan yang ada pada dirinya, tetapi kalau kebiasaan ini dilakukan secara enggak wajar maka akan membuat kamu terobsesi untuk terus tampil dengan sempurna.

Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya gangguan dismorfik yaitu gangguan yang mental kronis yang membuat orang terdiagnosis penyakit ini menjadi enggak berhenti mengkhawatirkan penampilannya dari ketidaksempurnaannya sendiri.

Baca Juga: Susah Tidur? Coba 5 Tips Dari Para Ahli Ini!

Baca Juga: Perhatian untuk Para Pecinta Kucing, Berikut 5 Ini Penyebab Bulu Kucing Kamu Rontok Melulu, Yuk Ketahui!

Krisis Kepercayaan Diri

Kalau kamu sudah terdiagnosis dengan gangguan dismorfik maka biasanya kamu juga akan mengalami krisis kepercayaan diri. Orang yang memiliki masalah ini biasanya akan terus menerus mencari kekurangan dari dirinya sendiri sehingga lama kelamaan dirinya enggak akan merasa percaya diri terhadap semua hal yang ada padanya.

Stress

Ketika kamu mengunggah swafotomu ke media sosial sudah pasti akan banyak teman-temanmu yang melihat hasil fotomu dengan tanpa sadar kamu akan menunggu untuk mendapatkan pujian dari teman-temanmu, ketika kamu mendapatkan like dan comment yang sesuai dengan ekspetasimu pastinya kamu akan senang, namun apabila yang terjadi adalah kebalikannya maka kamu akan menjadi stress karenanya.

Kecanduan

Ternyata yang membuat kecanduan bukan hanya narkoba ya teman-teman, swafoto juga bisa membuat kamu kecanduan lho! Jika kamu sudah kecanduan untuk melakukan swafoto maka kamu bisa mengambil foto dirimu sendiri dalam jumlah yang banyak.

Waduh! Yang wajar-wajar saja ya Beauty! Terlalu banyak mengunggah foto pribadimu juga enggak aman lho.