Beauty, tepat hari ini 1 Juli 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat.

"Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di tempat-tempat tersebut," kata Andono Warih selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dikutip dari Antara (1/7/2020).

Tak hanya itu, Andono juga mengatakan bahwa dalam pergub itu juga terdapat aturan untuk pelaku usaha wajib memberitahu pelanggan dan menyediakan kantong plastik ramah lingkungan yang berbayar.

Baca Juga: Jangan Bandel! Jika Masih Gunakan Kantong Plastik Sekali Pakai di DKI Bisa Didenda Hingga Rp25 Juta

Baca Juga: Waduh! Tren Belanja Online di Tengah Pandemi Bikin Sampah Plastik Meningkat Lho

"Pelaku usaha atau tenant harus menyediakan kantong belanja ramah lingkungan secara tidak gratis," ujarnya.

"Seperti kantong belanja guna ulang yang dapat terbuat dari bahan apapun baik daun kering, kertas, kain, polyester dan turunannya maupun materi daur ulang," sambungnya.

Seperti diketahui bahwa kantong plastik sekali pakai merupakan salah satu bahan yang dapat mencemarkan lingkungan dengan memakan waktu yang lama untuk terurai.

"Jenis sampah kantong kresek tersebut membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terdekomposisi secara alamiah," ungkapnya.