Pandemi virus corona atau Covid-19 belum juga berakhir, tapi kini sudah beredar kabar soal munculnya virus flu babi. Penemuan virus flu babi baru ini ditemukan oleh para peneliti di Cina. Virus baru bernama Genotip 4 (G4) ini berpotensi menjadi pandemi, lho. Bahaya juga, ya, Beauty.

Dilansir dari BBC, meski virus flu babi G4 ini dibawa oleh babi, tapi ada kemungkinan bisa menginfeksi manusia. Kini, para peneliti pun cemas, jika virus bisa bermutasi lebih lanjut maka bisa menyebar dengan mudah ke setiap orang dan bisa menyebabkan pandemi atau wabah global.

Virus baru yang bernama G4 ini merupakan turunan dari virus flu babi H1N1 yang pernah menjadi pandemi pada 2009 lalu. Virus ini disebut-sebut bisa tumbuh dan berkembang baik di sel-sel yang melapisi saluran udara atau pernapasan manusia. Infeksi flu babi G4 ini bisa menimbulkan gejala klinis parah, lho.

Baca Juga: Minum Air Garam Bisa Tangkal Virus Corona? Ini Jawaban WHO...

Baca Juga: Waduh! Rekor 2.657 Kasus Positif Corona Per 9 Juli 2020, Ini Sebaran Provinsi dengan Penambahan Tertinggi! Jawa Barat Juaranya...

Infeksi flu babi G4 ini akan menimbulkan gejala klinis parah, seperti bersin, mengi, batuk, dan adanya penurunan berat badan maksimal 7,3-9,8 persen massa tubuh. Selain itu, gejalanya juga enggak jauh berbeda dengan virus H1N1 yang bisa mengarah pada penyakit yang lebih serius, seperti pneumonia, infeksi paru, dan masalah pernapasan lainnya.

"Dari data yang disajikan, tampaknya ini adalah virus flu babi yang siap untuk muncul pada manusia. Jelas situasi ini perlu dipantau dengan sangat cermat," kata Edward Holmes, Ahli Biologi Evolusi di University of Sydney.