Menu

Selain Bisa Kurangi Risiko Kematian Pasien Corona, Metformin Juga Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan Lho

Nada Saffana
02 Juli 2020 12:15 WIB
Selain Bisa Kurangi Risiko Kematian Pasien Corona, Metformin Juga Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan Lho

Ilustrasi obat-obatan. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Beauty, selain dexamethasone, obat metformin juga baru-baru ini ramai diperbincangkan. Pasalnya menurut sebuah studi pracetak dari University of Minnesota, metformin diketahui bisa rendahkan risiko kematian pasien COVID-19 lho.

Penulis utama studi ini, Dr. Christopher Tignanelli, mengatakan metformin dapat membantu dengan infeksi COVID-19 karena mengurangi peradangan dan mengurangi respons sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, ternyata metformin juga terbukti membantu menurunkan berat badan meskpun tak menderita diabetes. Seperti diketahui bahwa orang yang kelebihan berat badan dan obesitas berisiko lebih besar mengalami komplikasi serius atau kematian akibat Covid-19.

Melansir laman Insider (2/7/2020) sebuah penelitian pada April 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan metformin dapat membantu orang menurunkan berat badan untuk jangka panjang.

Para peneliti juga percaya obat metformin yang biasa dikonsumsi penderita diabetes ini juga dapat membantu pasien yang kehilangan berat badan dalam jumlah besar. Studi ini membandingkan efek metformin versus diet dan olahraga untuk penurunan berat badan dan pemeliharaan penurunan berat badan.

"Minum pil (metformin) sehari jauh lebih mudah untuk menurunkan berat badan daripada melakukan diet dan olahraga selama 15 tahun. Hampir tidak ada yang bisa mencapainya," ujar Dr. Kishore M. Gadde, penulis utama studi, kepada Insider.