Menu

Nyesel Baru Tahu Sekarang! Tenyata Lalapan Ini Terbukti Ilmiah Bunuh Sel Kanker dan Diabetes!

24 Januari 2022 08:55 WIB
Nyesel Baru Tahu Sekarang! Tenyata Lalapan Ini Terbukti Ilmiah Bunuh Sel Kanker dan Diabetes!

Solidaritas peduli kanker payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, dalam keadaan liar dan tidak diberi obat, buah-buahan tertentu yang dikenal sebagai cucurbits, yang meliputi mentimun, labu, dan melon, memiliki rasa pahit yang khas.

Sementara kepahitan ini membuat mereka sulit untuk dimakan, para peneliti menemukan bahwa komponen pahit mereka mungkin memiliki manfaat kesehatan yang penting.

Pengobatan Tradisional Cina, serta Pengobatan India, telah lama menggunakan mentimun dan secara historis menggunakannya untuk membersihkan, dan untuk pengobatan penyakit hati.

Sekarang, para peneliti dari University of California-Davis pun menemukan bahwa mereka mungkin berguna dalam pengobatan diabetes dan kanker tertentu.

Selama studi mereka, para peneliti mengidentifikasi sembilan gen yang terlibat dalam pembentukan cucurbitacin, senyawa yang bertanggung jawab atas kepahitan mentimun. Selain itu, banyak varietas mentimun yang diuji rasa pahitnya.

Dikutip dari The Alternative Daily, menurut profesor biologi tanaman UC Davis, William Lucas, irisan mentimun segar sangat baik potensi antikarsinogenik dan penurun diabetes dari cucurbitacin.

Lucas menyatakan bahwa penelitian ini dapat membuat senyawa ini lebih mudah diproduksi, sehingga dapat digunakan dalam uji klinis, serta obat-obatan.

Sementara penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan pada mentimun dan cucurbitacinnya, kabar baiknya bagi kita adalah bahwa mentimun domestik biasa masih mengandung senyawa ini, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah.

Mentimun juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai lignan, yang juga dikaitkan dengan kemampuan melawan kanker.

Selain itu, mentimun kaya akan vitamin C, vitamin K, tembaga, magnesium, mangan, fosfor dan kalium, dan sangat menghidrasi karena kandungan airnya yang tinggi.

So, jangan ragu makan mentimun ya, Beauty!