Menu

5 Bahaya Menindik Telinga Anak Sejak Bayi, Ternyata Fatal Banget

24 Januari 2022 12:30 WIB
5 Bahaya Menindik Telinga Anak Sejak Bayi, Ternyata Fatal Banget

Ilustrasi bayi sedang menangis. (Unsplash/Tim Bish)

HerStory, Bandung —

Banyak orangtua yang langsung menindik telinga anak perempuannya ketika bayi. Hal ini dilakkan Kebanyakan ibu akan segera menindik teinga anaknya perempuan ketika masih bayi. Hal ini dilakukan karena berbagai alasan agar anak bisa langsung memakai anting-anting sejak dini.

Namun, faktanya menindik telinga anak justru memiliki bahaya tertentu lho. Berikut adalah bahayanya, dilansir dari berbagai sumber, Senin (24/1/2022).

1. Meningkatkan peluang infeksi

Menindik telinga anak menggunakan jarum justruk akan membuka peluang infeksi masuk ke dalam tubuh bayi. Perlu dipahami bahwa bayi memiliki sistem kekebalan yang masih lemah dan berkembang.

2. Biarkan anak menentukannya sendiri ketika sudah besar

Ada baiknya orangtua membiarkan anaknya hendak menindik telinga atau tidak ketika sudah dewasa kelak. Hal ini akan membantu mereka untuk berhati-hati dengan risikonya.

3. Kulit bayi lebih sensitif

Menindik telinga juga meninggalkan rasa tidak nyaman selama beberapa hari. Kebanyakan profesional medis menggunakan krim mati rasa 15 menit sebelum tindik telinga, guna membantu mengurangi rasa sakit.

4. Memicu reaksi alergi

Alergi nikel cukup umum pada anak-anak dengan kulit yang sensitif, terutama bagian telinga. Kebanyakan perhiasan mengandung jejak nikel. Perhiasan berlapis perak sering kali aman dan dirawat dengan hati-hati untuk membantu menjaga kesehatan telinga anak.