Menu

Gini Moms Cara Efektif Mengatasi Anak yang Suka Mengeluh, Ubah Respon Jadi Positif

Cherryn Lagustya
24 Januari 2022 16:20 WIB
Gini Moms Cara Efektif Mengatasi Anak yang Suka Mengeluh, Ubah Respon Jadi Positif

Ilustrasi ibu memarahi anak. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Gak sedikit orang yang sering mengeluh, termasuk anak-anak. Mengeluh merupakan manifestasi ketidakpuasan atau ketidaknyamanan yang dialami seseorang. Mengeluh juga sering dikaitkan dengan rasa kurang bersyukur.

Lantas, bagaimana jika anak sering mengeluh? Sesekali mengeluh sih memang wajar, tapi jika terlalu sering justru bisa membuat si kecil dijauhi dalam pergaulan. Sebelum anak semakin sering mengeluh, Moms bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasi si kecil yang suka mengeluh. Melansir dari beberapa sumber, berikut caranya.

Ubah respon

Orang tua sebaiknya mengajari anak perilaku yang baik, buka memberikan sederet peraturan dan larangan. Bila Moms biasanya menghadapi anak yang mengeluh dengan kalimat "Sudah, lakukan saja yang Moms suruh," Moms bisa menggantinya dengan "Moms harap kamu,"

Hal tersebut akan membuat si kecil jadi berpikir tentang cara lain untuk menyelesaikan masalahnya.

Menunjukkan sisi positif

Moms bisa menunjukkan sisi positif dalam segala hal pada anak. Hal ini akan membantu anak mengembangkan pandangan yang lebih seimbang tentang dunia, daripada hanya melihat sisi negatifnya saja. 

Kenalkan anak dengan pilihan lain

Jangan biarkan anak terjebak menjadi korban terus-menerus dalam keadaan buruk dan orang-orang jaha di sekitarnya. Sebaliknya, bantu anak mengenalkan solusi lain, misalnya anak mengeluh gak bisa bermain di luar saat hujan, Moms bisa mengajak anak untuk bermain di dalam rumah yang gak kalah menyenangkan.

Share Artikel: