Menu

Ibu Menyusui Harus Hindari 3 Makanan dan Minuman Ini Agar Si Kecil Lebih Sehat, Jangan Sampai Lupa!

Cherryn Lagustya
24 Januari 2022 16:10 WIB
Ibu Menyusui Harus Hindari 3 Makanan dan Minuman Ini Agar Si Kecil Lebih Sehat, Jangan Sampai Lupa!

Ilustrasi ibu menyusui (Tiktak.id/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Ibu menyusui pasti selalu berusaha melakukan apapun agar ASI-nya lancar, termasuk diet. Hal ini karena menyusui adalah tahapan penting dalam proses tumbuh kembang anak.

Sebenarnya, menyusui gak membutuhkan diet yang sempurna. Tapi, ibu perlu menghindari makanan dan minuman tertentu guna melindungi kesehatan bayi.

Dilansir dari Express, ada 3 makanan dan minuman yang harus dihindari selama menyusui, antara lain:

1. Ikan berminyak

Ibu menyusui gak boleh mengonsumsi lebih dari dua porsi ikan berminyak, seperti tuna segar, saren, mackerel, trout seminggu. Karena, ikan ini mengandung merkuri tingkat tinggi yang bisa merusak sistem saraf dan bayi yang masih masa pertumbuhan.

2. Kafein

Terlalu banyak minum kafein saat menyusui bisa membuat bayi Anda tetap terjaga atau sangat rewel. Jadi, lebih baik untuk membatasi jumlah minuman yang mengandung kafein.

Bahkan, beberapa obat flu juga mengandung kafein dan cokelat juga mengandung zat (theobromine) yang sangat mirip dan dapat menghasilkan efek yang sama.

3. Alkohol

Bila Anda mengonsumsi minuman beralkohol selama menyusui, bayi juga akan mendapatkannya melalui ASI. Meskipun hanya dalam jumlah kecil, minuman beralkohol ini tetap membahayakan mereka.

Bila Anda hendak minum alkohol, lebih baik memeras ASI terlebih dahulu dan batasi jumlah minuman Anda. Tapi, lebih baik menghindarinya dahulu selama masih menyusui.

Jika Anda melihat produksi ASI Anda menurun bersamaan dengan kelelahan dan urine berwarna gelap, ini bisa jadi tanda dehidrasi.

"Wanita menyusui sering merasa haus dan dehidrasi karena produksi ASI, jadi pastikan Anda minum cukup cairan, seperti air, susu dan jur tanpa pemanis," kata ahli, dikutip dari Express.

Jika Anda khawatir tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, cobalah masukkan DHA, vitamin D, dan kolin ke dalam makanan Anda.

Docosahexaenoic Acid (DHA) adalah asam lemak omega-3 yang paling melimpah di otak dan mata. Kandungan ini mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

"Penelitian terbaru menunjukkan bahwa DHA mungkin berperan dalam mengurangi perkembangan alergi makanan anak-anak, seperti telur dan kacang tanah," jelas ahli.

Lihat Sumber Artikel di Himedik.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Himedik.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Himedik.com.