Menu

Mata Sering Merah Karena Sering Lihat Layar Hp? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

25 Januari 2022 14:15 WIB
Mata Sering Merah Karena Sering Lihat Layar Hp? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Mata kering. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Menggunakan perangkat elektronik, seperti handphone, laptop atau gadget lainnya kini merupakan salah satu rutinitas yang tak bisa dihindarkan. Mengontrol screen time pun banyak dilakukan oleh beberapa orang untuk menghindari kerusakan mata berkelanjutan.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi mata merah akibat melihat layar gadget terlalu lama, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (25/1/2022).

1. Istirahat atau Power Nap

Mata merah karena HP biasanya disebabkan karena kelelahan yang dialami. Cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah beristirahat. Power nap di siang hari bisa membantu mata beristirahat sejenak, sehingga kembali segar setelah istirahat ini.

2. Lancarkan Aliran Darah dengan Pijatan Ringan

Terbilang sederhana dan mudah, pijatan di sekitar area mata dapat membantu menghilangkan mata merah. Pijatan lembut ini bisa dilakukan kapan saja, di sekitar bagian mata. Ingat untuk tidak memijat terlalu kuat, untuk menghindari cidera.

3. Mengompres Mata

Mengompres mata juga bisa jadi opsi menarik untuk dipertimbangkan, guna membantu menghilangkan mata merah karena HP. Kamu bisa mengompresnya menggunakan handuk yang dibasahi air dingin, atau potongan timun yang sudah dicuci bersih untuk menyegarkan mata.

4. Gunakan Obat Tetes Mata

Cara paling umum yang digunakan untuk mengatasi mata merah akibat iritasi ringan adalah obat tetes mata. Obat ini bisa ditemukan dengan mudah, dan membantu meredakan iritasi ringan seperti mata kering atau terkena debu. Gunakan secukupnya.

5. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin A

Agar mata tetap terjaga fungsi dan kesehatannya, wajib hukumnya untuk mengonsumsi makanan kaya Vitamin A setiap hari sesuai dengan kebutuhan. Selain dapat menjaga kesehatannya, vitamin yang satu ini juga akan melindungi mata dari iritasi dan gangguan yang datang dari luar.