Menu

Si Kecil Sulit Minum Obat? Jangan Dipaksa Moms, Begini Tipsnya

25 Januari 2022 16:20 WIB
Si Kecil Sulit Minum Obat? Jangan Dipaksa Moms, Begini Tipsnya

ilustrasi anak susah minum obat (klikdokter/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Saat anak sakit, banyak orang tua yang khawatir dan cemas menghadapinya. Apalagi jika si kecil juga enggan untuk meminum obat. Hal ini yang menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. 

Maka itu, orang tua perlu mencari cara agar anak mau minum obat tanpa perlu memaksa. Meski rasa obat terkadang manis, tetap saja anak sering melepehnya. Agar hal tersebut enggak terjadi lagi, berikut tips agar anak mau minum obat, yang dilansir dari beberapa sumber.

Pilih obat sirup

Salah satu cara agar anak mau minum obat ialah dengan memilih obat sirup. Ini karena rasanya lebih manis dan mudah ditelan daripada kapsul atau tablet. Namun jika obat hanya tersedia dalam bentuk tablet, Moms bisa tanyakan dulu ke dokter apakah obat tersebut boleh digerus atau dilarutkan.

Beri si kecil pujian

Ketika anak berhasil meminum obat, Moms bisa memberikan pujian atau apresiasi kalau ia sudah melakukan hal yang luar biasa. Ini bisa mmebuat anak merasa dihargai dan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Hindari memaksa anak

Bila anak susah untuk minum obat, bahkan setelah dibujuk dan diiming-imingi hadiah. Sebaiknya orang tua jangan memaksa anak, ini justru akan menimbulkan trauma pada si kecil. Beri jeda sebentar dan tawarkan kembali obat kepada anak dengan nada bicara yang halus.