Menu

Ngeri! Ini Bahayanya Jika Ibu Hamil Sering Tidur, Kurang-kurangin Deh

25 Januari 2022 17:30 WIB
Ngeri! Ini Bahayanya Jika Ibu Hamil Sering Tidur, Kurang-kurangin Deh

Ibu hamil yang sedang menikmati tidurnya. (Freepik/Lookstudio)

HerStory, Bekasi —

Kehamilan menjadi momen yang banyak ditunggu oleh wanita setelah menikah. Kehamilan memang membawa banyak perubahan bagi sebagian besar calon ibu, termasuk jam tidur ibu hamil.

Mengatur jam tidur saat masa kehamilan itu memang enggak mudah. Gak jarang, beberapa ibu hamil memiliki jam tidur yang buruk. Ada yang justru menjadi lebih mudah mengantuk, khususnya selama trimester pertama. 

Perubahan hormon pada masa kehamilan gak menutup kemungkinan ibu hamil menjadi mual, lelah, dan mood swing. Sebab itu, untuk mengatasinya bumil perlu beristirahat sebanyak mungkin yang berujung pada tidur terlalu lama saat hamil

Meskipun tidur memang bermanfaat bagi kesehatan ibu, namun tidur berlebihan justru berbahaya untuk janin. 

Melansir dari Science Daily, sebuah studi yang dilakukan oleh Michigan Medicine, Amerika Serikat, menemukan bahwa ibu hamil yang tidur lebih dari 9 jam dalam sehari lebih rentan mengalami bayi lahir mati. Ini dikarenakan ketika tidur, ibu cenderung mengalami penurunan tekanan darah.

Alhasil, jika tidur terus-menerus, tekanan darah yang disalurkan ke janin bisa berkurang dan dapat memengaruhi perkembangan janin hingga kelahiran prematur.