Menu

Ingin Jalani Isoman Saat Terpapar Omicron? Kemenkes Tekankan Syarat Wajib yang Kamu Perhatikan, Fatal Jika Dilanggar Lho

25 Januari 2022 14:50 WIB
Ingin Jalani Isoman Saat Terpapar Omicron? Kemenkes Tekankan Syarat Wajib yang Kamu Perhatikan, Fatal Jika Dilanggar Lho

Ilustrasi isolasi mandiri. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengizinkan pasien yang terpapar Omicron untuk menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kondisi tetap aman.

Izin tersebut tertuang pada Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022 lalu.

Dalam surat edaran tersebut, kasus probable dan konfirmasi varian Omicron baik yang bergejala (simptomatik) maupun tak bergejala (asimptomatik). Bagi pasien tanpa gejala atau dengan gejala ringan dapat melakukan isoman jika memenuhi syarat klinis dan syarat rumah.

Berikut syarat klinis jika pasien ingin melakukan isoman:

  • Berusia kurang dari 45 tahun
  • Tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta
  • Dapat mengakses telemedisin maupun layanan kesehatan lainnya
  • Berkomitmen tetap diisolasi hingga ada izin untuk keluar

Selanjutnya ada syarat rumah dan peralatan pendukung yang harus dipenuhi, di antaranya adalah:

  • Tinggal di kamar terpisah atau sebaiknya beda lantai dengan anggota rumah lainnya
  • Memiliki kamar mandi di dalam rumah yang terpisah dari anggota keluarga
  • Dapat mengakses pulse oximeter

Selama melakukan isoman, pasien yang terinfeksi harus dipantau oleh Puskesmas maupun Satgas Covid-19 setempat. Jika pasien tak memenuhi syarat klinis dan syarat rumah tersebut, maka harus melakukan isolasi di fasilitas isolasi terpusat.