Menu

Banyak yang Gak Sadar, 5 Penyebab Perut Anak Buncit Meski Kurus, Bahaya Banget!

25 Januari 2022 15:50 WIB
Banyak yang Gak Sadar, 5 Penyebab Perut Anak Buncit Meski Kurus, Bahaya Banget!

Anak perempuan sedang sakit perut. (Pinterest/Edited By HerStory)

HerStory, Medan —

Kondisi perut anak yang buncit namun kurus kerap membuat ibu khawatir. Ternyata kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor lho, Moms.

Jika Moms melihat kondisi ini pada anak, jangan diabaikan ya. Pasalnya hal tersebut dapat menjadi indikasi penyakit yang perlu diwaspadai.

Nah, kira-kira apa saja penyakit yang dapat menyebabkan kondisi ini? Yuk, simak artikel berikut ini, Moms.

1. Konstipasi atau sembelit

Konstipasi atau biasa dikenal dengan sembelit merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan sulit untuk buang air besar (BAB). Kondisi ini ditandai dengan frekuensi BAB yang jarang misal lebih dari tiga hari. 

Tak hanya itu, jika mengalami sembelit feses cenderung keras dan kering. Oleh karena itu, biasanya anak akan merasa kesakitan saat BAB.

Feses yang sulit dikeluarkan akhirnya menumpuk dan menyebabkan perut anak menjadi buncit. Kondisi ini terjadi karena kurang mengonsumsi serat, sering menahan BAB, dan gangguan lain.

2. Busung lapar

Perut buncit tapi badan kurus dapat disebabkan oleh busung lapar. Kondisi ini merupakan akibat dari malnutrisi akun yang terjadi karena kekurangan protein kwashiorkor dan marasmus. 

Protein tersebut dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika terjadi kekurangan protein, maka menyebabkan retensi cairan sehingga perut menjadi buncit.

Halaman: