Menu

Catat Moms! Ini 6 Tanda Pola Asuh yang Buruk, Dampaknya Bisa Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

25 Januari 2022 16:50 WIB
Catat Moms! Ini 6 Tanda Pola Asuh yang Buruk, Dampaknya Bisa Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi Ibu dan Anak sedang Selfie (Pinterest/Reader's Digest)

HerStory, Bekasi —

Pola asuh memang berpengaruh pada anak-anak, ini karena anak cenderung tumbuh dengan meniru tingkah laku dan sikap orang tuanya.

Orang tua yang bersikap terlalu tertutup dengan anak-anaknya dianggap sebagai pola asuh yang buruk. Sedangkan, orang tua yang terlalu rama maupun menerapkan disiplin terlalu ketat juga gak baik.

Karena itu, setiap orangtua harus memahami cara terbaik untuk menangani anak-anaknya. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa tanda kamu adalah orang tua yang menerapkan pola asuh buruk.

1. Suka menghukum anak

Menurut American Academy of Pediatrics, menghukum anak dengan cara berteriak dan memukul yang bertujuan mendisiplinkannya justru buruk bagi tumbuh kembang mereka.

Mereka bisa menyerap efek negatif jangka panjang. Mereka juga akan berperilaku agresif ketika tumbuh dewasa.

2. Enggak konsisten dengan aturan yang diterapkan

Orang tua seringkali hanya membuat aturan ketat bagi anak-anaknya, tetapi tidak menjalaninya sendiri. Hal ini justru akan membuat anak-anak bingung.

Jika Moms melanggar aturan yang diberlakukan, Moms juga harus menerima konsekuensinya. Moms harus bisa memberikan contoh yang baik di depan anak-anak.

3. Gak bisa mengontrol suasana hati

Tugas orang tua memang berat, karena Anda akan menguras semua energi dan kerja keras sekaligus menjadi panutan bagi anak-anaknya.

Tapi, jangan biarkan suasana hati yang buruk mengendalikan sikap Moms di depan anak-anak. Pastikan gak melampiaskan rasa frustasi di depan anak.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.