Menu

Gak Selalu Indah! Ini 10 Hal yang Mungkin Terjadi akibat Nikah Muda, Adanya Rasa Menyesal

25 Januari 2022 20:20 WIB
Gak Selalu Indah! Ini 10 Hal yang Mungkin Terjadi akibat Nikah Muda, Adanya Rasa Menyesal

Ilustrasi pernikahan beda agama. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bekasi —

Pernikahan bukan sebuah permainan, sebab itu harus dipikirkan matang-matang sebelum dijalani. Mayoritas orang tentu ingin agar pernikahan berlangsung sekali seumur hidup.

Di sisi lain, semakin banyak orang yang berminat nikah muda. Meski gak ada salahnya menikah muda, keputusan ini harus dipertimbangkan baik-baik agar gak menyesal nanti.

Melansir laman Best Life, salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah fakta bahwa pasangan akan berubah. Mulai dari kebiasaan hingga prioritas, banyak perubahan yang berujung pada penyesalan menikah muda. Berikut beberapa penyesalan terbesar yang sering dialami orang-orang karena nikah muda.

1. Menikah berdasarkan ketertarikan fisik saja

Saat masih muda, pernikahan bisa saja didasari pada ketertarikan fisik dan seksual. Padahal, kalian akan berbagi hidup dan bukan hanya masalah ranjang.

"Orang muda seringnya menaruh terlalu banyak rasa percaya pada seks, dan hal itu mungkin disesali nanti," ujar psikolog Andrea Herber.

Tentu saja, hubungan intim juga penting. Namun, hubungan seksual hanyalah satu dari sekian faktor yang mempengaruhi keharmonisan rumah tangga.

2. Menikah karena gak ingin mengecewakan pasangan

Dorongan untuk menikah muda kadang muncul karena rasa takut terhadap konflik atau tuntutan pasangan.

Karena tidak mau mengecewakan, seseorang akan setuju untuk menikah. Namun, keputusan yang didasari tekanan ini dapat berujung pada penyesalan.

3. Menikah demi mengalami perubahan dalam hidup

Alasan lain, menikah dijadikan cara untuk kabur atau mengalami perubahan pada rutinitas sehari-hari.

Bisa jadi, kamu menikah hanya untuk menghindari orangtua, kuliah, dan lain sebagainya. Namun, menikah dengan alasan ini dapat berujung bencana.

Bukan cuma berisiko salah pilih pasangan, bisa jadi si dia tidak akan mendukungmu di masa depan.

4. Hubungan pernikahan gak cukup memuaskan kebutuhan

Saat masih muda, kamu belum memiliki pengetahuan soal apa yang sebenarnya kamu inginkan. Jika kamu saja bingung, bagaimana dengan pasangan?

Karena kebutuhan yang tidak jelas ini, kamu pun tidak bisa meminta pasangan untuk memenuhinya. Akibatnya, rasa puas dalam pernikahan tidak akan hadir.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Halaman: