Menu

Pas Banget! 4 Makanan Kukus Ini Sangat Cocok Disantap Saat Hawa Dingin, Wow Mantap

Cherryn Lagustya
25 Januari 2022 19:15 WIB
Pas Banget! 4 Makanan Kukus Ini Sangat Cocok Disantap Saat Hawa Dingin, Wow Mantap

Bakpao. (Pinterest/Sevilsone)

HerStory, Bekasi —

Cuaca dingin kerap membuat kita menjadi mudah lapar, mulut rasanya gak mau berhenti mengunyah. Sebab itu, penting untuk selalu siap sedia camilan di rumah.

Untuk mengganjal lapar, 4 makanan yang dimasak dengan cara dikukus ini cocok banget buat jadi kudapan enak saat hawa dingin. Makanan yang dikukus seperti ini lebih nikmat sekaligus sehat karena gak berminyak. Jika disajikan saat masih panas bisa untuk menghangatkan badan juga, lho!

1. Bakpao

Bakpao merupakan makanan tradisional Tionghoa yang bentuknya semacam roti isi. Dalam bahasa Hokkian, Bak berarti daging, sedangkan Pao berarti bungkusan. Bakpao yang populer di Indonesia memiliki berbagai macam isian seperti daging, kacang hijau, selai buah, cokelat, dan lain-lain. Makanan ini akan lebih nikmat bila dimakan saat masih panas atau langsung setelah keluar dari kukusan, terlebih saat hawa dingin. Dijamin bikin mood kamu yang panas jadi dingin!

2. Siomay

Siomay adalah salah satu jenis dimsum yang populer di Indonesia, makanan ini sebenarnya berasal dari China, kemudian di variasi menjadi makanan yang dikenal dari Bandung. Siomay asli China adalah daging yang dibungkus dengan tepung terigu kemudian dikukus, sedangkan siomay Bandung umumnya disajikan dengan tambahan berupa telur rebus, kol rebus, pare rebus, tahu baso, dan batagor. Siomay paling enak disantap dengan saus kacang, terutama saat hawa dingin melanda.

3. Dumpling

Akhir-akhir ini, dumpling mulai banyak bermunculan di media sosial, banyak food vloger serta produsen makanan yang turut memopulerkan makanan jenis dimsum satu ini. Dumpling adalah daging cincang yang diberi sayuran kemudian dibungkus dengan adonan tepung kemudian di kukus. Berbeda dengan siomay, dumpling memiliki tekstur kulit yang cenderung lebih tebal. Meski agak berbeda, keduanya sama-sama nikmat disantap saat hawa dingin.

4. Tahu Baso

Rekomendasi makanan berikutnya yang nikmat disantap saat hawa dingin, yaitu Tahu baso. Tahu Baso adalah makanan khas Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini sering kita jumpai menjadi variasi isian bakso dan siomay.

Namun saat ini, karena banyak penggemarnya, tahu baso banyak dijual secara terpisah. Tahu baso dibuat dengan cara memasukkan adonan daging campur tepung ke dalam tahu goreng, setelah itu dikukus sampai matang. Tahu baso nikmat disantap menggunakan cabe atau saus pedas.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Share Artikel: