Menu

7 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Glowing, Benar Enggak Sih?

02 Februari 2020 15:35 WIB
7 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Glowing, Benar Enggak Sih?

Rambut kepang dengan aksen mutiara (Instagram/lacyredway)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kalau kamu ingin punya kulit yang sehat dan juga bercahaya, kamu harus menjaganya dari luar dan juga dari dalam. Menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi cukup air bisa membantumu mendapatkan kulit yang lebih sehat dan juga bercahaya seperti yang kamu inginkan. 

Mungkin, saat ini banyak di pasaran ditemukan produk kecantikan untuk menutrisi kulit agar lebih bercahaya alias glowing, seperti halnya penggunaan lotion. Tapi Beauty, selain menggunakan lotion, ternyata ada sejumlah makanan sehat yang bisa membuat kulit tampak bercahaya lho

Kamu penasaran enggak sih makanan apa aja yang bisa bantu kulit tampak glowing? Melansir dari laman Eat This, Not That! ini tujuh di antaranya:

Tomat yang dimasak atau pasta tomat

Kandungan lycopine yang membuat tomat menjadi merah membantu meningkatkan kolagen dan melawan efek oksidasi sinar UV dengan menghilangkan radikal bebas penuaan pada kulit. 

Sebuah studi di British Journal of Dermatology menemukan, seseorang yang memakan lima sendok pasta tomat setiap hari menunjukkan 33 persen lebih banyak perlindungan terhadap sinar UV langsung dibanding mereka yang memakai lotion

Wortel

Selain menyehatkan mata dan bisa menghilangkan jerawat, kandungan beta karoten, vitamin A, dan antioksidannya juga bisa mencegah produksi sel yang berlebihan di lapisan kulit luar. Itu artinya, lebih sedikit sel kulit mati terkelupas di mana bisa menyumbat pori-pori. Vitamin A di dalamnya bisa mengurangi perkembangan sel kanker kulit.

Ubi jalar

Sebuah studi dalam jurnal Evolution and Human Behavior menunjukkan, makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Dari ubi jalar, kamu bisa mendapatkan banyak karaton di dalamnya. Kamu bisa mengolah ubi jalar dengan dikukus untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak.

Kunyit

Kunyit memang dikenal khasiatnya yang baik bagi kesehatan. Begitu pun untuk mendapatkan kulit yang lebih bercahaya. Antioksidan yang aktif di dalamnya bisa melawan anti-inflamasi dan radikal bebas. 

Penelitian menunjukkan, rempah-rempah ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda atau bekas luka pigmentasi gelap yang disebabkan oleh penuaan, hormon yang enggak seimbang, atau paparan sinar matahari yang menghambat enzim di kulit. 

Ikan Salmon

Kandungan dimethylaminoethanol di dalamnya, bisa melindungi integritas membran sel pada kulit. Melindungi selaput sel terhadap kerusakan yang menyebabkan penuaan dini. Kandungan tersebut juga bisa mencegah produksi asam arakidonat, prekursor peradangan yang menyebabkan kulit menjadi keriput. 

Pepaya

Buah tropis ini mengandung sejumlah enzim aktif yang memberikan manfaat kesehatan. Satu enzim, seperti chymopapain, bisa meredakan peradangan pada kulit. Dan enzim lalin, papain, membantu menghilangkan noda dan bisa mengobati jerawat pada kulit wajah. 

Telur

Terakhir ada telur yang bisa membuat kulit tampak bercahaya. Kuning telur kaya akan vitamin yang penting untuk fungsi sel yang tepat serta mengandung vitamin B di dalamnya. Vitamin B bisa melindungi kulit dari jerawat, ruam dan juga mengatasi kulit yang kering.

Nah Beauty, itu tadi ketujuh makanan sehat yang bisa membantu kulit menjadi glowing. Mau punya kulit glowingLet's try it!

Baca Juga: Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Baca Juga: Dikenal Memiliki Segudang Manfaat, Ternyata Madu Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha