Menu

Si Kecil Belum Divaksin? Jangan Bingung Moms, Ini Vaksin Covid-19 yang Cocok untuk Anak Usia 6-11 Tahun

26 Januari 2022 12:30 WIB
Si Kecil Belum Divaksin? Jangan Bingung Moms, Ini Vaksin Covid-19 yang Cocok untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas (Shutterstock/Tatevosian Yana)

HerStory, Bandung —

Sudah dua tahun berlalu, pandemi Covid-19 tak kunjung berakhir. Pemerintah pun akhirnya memutuskan untuk meningkatkan vaksinasi pada masyarakat agar memiliki sistem kekebalan tubuh sendiri.

Vaksinasi ini tentu tak hanya orang tua. Anak-anak serta lansia juga termasuk ke dalam kategori yang wajib divaksinasi. Nah, bagi Moms yang memiliki anak usia 6-11 tahun jangan bingung ya jika ingin memvaksinasi anak. 

Berikut adalah rekomendasi vaksin yang bisa digunakan untuk anak usia 6-11 tahun.

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan Emergency Use of Authorization (EUA) Vaksin Sinovac bagi anak usia 6-11 tahun. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa terkait hal ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pembaharuan terkait pemberian vaksin Covid-19 Sinovac pada anak usia 6 tahun ke atas.

Kementerian Kesehatan akan menggunakan vaksin Sinovac untuk vaksinasi Covid-19 anak 6-11 tahun. Mulai 2022, vaksin Sinovac hanya akan diberikan kepada anak usia 6-11 tahun, sementara orang dewasa menggunakan vaksin jenis lain.

Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak diberikan secara intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas. Suntikan untuk anak usia 6-11 tahun diberikan sebanyak dua kali, dengan dosis 0,5 mili dalam interval minimal 28 hari. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, tentunya harus melalui skrining dengan format standar oleh petugas vaksinasi.

Kemudian, pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 cakupan vaksinasi lansia di atas 6%.

Efek dari vaksin Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun biasanya hanya gejala ringan hingga sedang. Itulah rekomendasi vaksin bagi si kecil.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.