Penggunaan produk yang bebas dari zat kimia semakin hari semakin sulit untuk ditemukan. Bahkan hampir setiap hari tubuh kita bisa terpapar dengan bahan-bahan kimia yang terkadang kita juga enggak memahami datangnya darimana saja. Produk-produk ini bahkan sering berada di sekitar lingkungan hidup kita seperti produk rumah tangga, makanan, kosmetik hingga obat-obatan.

Sayangnya, paparana dari zat kimia ini bisa memengaruhi kesehatan ibu hamil lho! Karena jika terlalu sering dan kuat maka akan menyebabkan gangguan pada ovarium dalam yang menghasilkan sel telur sehat, meningkatkan resiko keguguran sampai menyebabkan kemandulan.

HerStory sudah merangkum (02/07/2020) produk yang enggak boleh digunakan bila kamu ingn cepat memiliki anak!

Baca Juga: Keracunan Arsenik karena Makanan? Ini Penjelasan Medis!

Baca Juga: Stop! Jangan Lakukan 4 Hal Ini Setelah Keguguran!

Makanan di dalam Kemasan

Zat kimia juga bisa ada di dalam makanan kemasan lho! Bahan Kimia Industri (BPA) dipercaya bisa ikut larut dalam makanan kita. Jika kamu terlalu sering memakan makanan kaleng maka akan menganggu kesuburan kamu dan mengganggu perkembangan bayi di dalam perut.

Seorang ahli kandungan dari Mercy Hospital Baltimore mengatakan bahwa makanan kaleng bisa dilapisi (BPA), jadi buah dan sayur segar adalah yang terbaik, tapi sebelum dimakan harus dibersihkan terlebih dahulu untuk menghindari kandungan pestisida.

Cat Rambut

Baca Juga: Mau Belanja Pakaian Hamil? Yuk, Ikuti 5 Tips Ini!

Baca Juga: Untuk Ibu Hamil, Jangan Gunakan Bahan-Bahan Aktif Berikut Ini Lagi Ya, Berbahaya Lho!

Untuk menambah gaya dalam penampilan pasti banyak wanita yang memilih untuk mewarnai rambut mereka. Tetapi, untuk kamu yang sedang ingin merencakan kehamilan lebih baik ditunda dulu ya keiginan mewarnai rambutnya karena zat kimia yang ada pada cat rambut ini bisa mengganggu perkembangan embrio dan janin di awal kehamilan.

Salah satu ahli endrokinologi dan reproduksi di Los Angeles mengatakan untuk menunggu keinginanmu ini hingga usia kehamilan sudah melewati usia 10 minggu. Jika, ingin tetap mewarnai rambutmu maka disarankan untuk menggunakan pewarna alami saja ya.

Pewangi Buatan

Fragrance atau pewangi buatan juga mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu kadar hormon, memengaruhi kesuburan dan memengaruhi ASI yang sedang dipersiapkan ketika hamil menurut direktur sains dan penelitian di Women’s Voices for Earth. Sebaiknya kamu menghindari produk yang mengandung phthalate dan pewangi sintesis karena bahan untuk membuat parfum ini jarang tercantum pada label produk.

Cat Kuku

Selain mewarnai rambut, wanita juga senang mewarnai kuku-kuku mereka karena bisa membuat penampilan menjadi lebih menarik. Namun, jika kamu sedang merencanakan kehamilan lebih baik kamu hindari dulu aktifitas ini ya. Apalagi cat kuku yang mengandung bahan aseton di dalamnya.

Krim Antiaging

Terakhir produk kecantikan seperti alas bedak atau masker wajah, krim malam yang mengandung retinoid harus dihindari. Menurut direktur endokrinologi dan infertilitas reproduksi di Rumah Sakit Lenox Hill di New York mengatakan bahwa retinoid merupakan golongan senyawa yang terkait dengan Vitamin A yang bila dikonsumsi secara rutin dan bersifat tertogenik artinya mengganggu pertumbuhan embrio dan janin. Selain itu, bahan ini juga bisa menyebabkan kelainan pada embrio selama dua minggu pertama pembuahan hingga sampai tujuh minggu selanjutnya jika janin masih berkembang.