Overthinking zaman sekarang seperti sebuah tren yang bisa dilakukan oleh semua kalangan. Padahal, berpikir berlebihan ini sudah dilakukan oleh banyak orang di zaman dulu. Overthinking biasanya terjadi karena kebiasaan, loh! Membiasakan diri untuk memikirkan satu hal yang merambat kemana-mana ternyata gak baik, “duh kalau aku gini gimana?” “Yah kalau aku gitu gimana?” “Apa yang terjadi sama aku?” “Aku harusnya gak gini” juga semua hal lain yang bikin kamu merasa bersalah banget atau berpikir lebih untuk hal yang harusnya gak kamu pikirin.

Overthinking penting banget buat diatasi, loh! Bisa saja muncul masalah lain karena overthinking ini terjadi. Diantaranya adalah mengontrol pikiran sendiri dan lakukan kebiasaan baik yang menyehatkan untuk fisik maupun mentalmu. Tahukah kamu, kalau overthinking ini membuang-buang waktu dan tenagamu sampai bikin gak produktif saking banyaknya pikiran buruk yang harusnya gak perlu kita pikirin bahkan belum waktunya buat kita mengerti. 

Nah, Rachel Fintzy Woods punya cara jitu supaya kita berhenti overthinking, nih!

Baca Juga: Stop! Toxic Positivity Cuma Bikin Kamu Mati Rasa!

Baca Juga: Doktrin Kepatuhan Bikin Depresi, Perhatikan Eksperimen Ini!

1. Bertanya pada diri sendiri, “apakah ini pikiran yang produktif?” “Apakah kekhawatiran ini berdasarkan fakta atau pikiranku yang kemana-mana?”

2. Masalah sama dengan sudut pandang, jadi bagaimana masalah itu kamu fikirkan?

3. Kenali kapasitas tubuhmu, saat fisik lelah maka mentalmu bisa melemah. Overthinking kebanyakan karena rasa lelah, jadi istrirahat penting banget ya, Beauty!

4. Fokuskan pikiranmu pada 5 indera, apapun yang bisa kamu lihat, dengar, cium, pegang,rasakan. Fokus pada fakta dan hal-hal yang nyata.

5. Jangan terobsesi untuk jadi sempurna, serba tahu dan serba bisa. Ingat ya, semua manusia punya keterbatasan. Yuk, belajar damai dengan ketidaksempurnaan!

6. Terimalah kalau kamu gak bisa ubah masa lalu, semua manusia punya kesalahan!

7. Terimalah bahwa kamu gak akan benar-benar tahu yang bakal terjadi di masa depan. Sekeras apapun kamu berpikir, hal-hal gak terduga bakal tetap ada, Beauty.

8. Olahraga, menghirup udara segar itu penting buat bikin mood jadi jauh lebih baik, bosen loh ada di dalam ruangan terus!

9. Terimalah kalau kamu gak perlu mengerti segalanya saat ini juga. Semua ada waktunya, ya!

10. Ingatkan dan katakan ini pada diri sendiri “calm down, tenang, aku merasa aman, semua akan baik-baik saja”.

11. Lakukan 1 hal dalam 1 waktu, jangan buat dirimu stress karena merasa kewalahan, produktif adalah fokus menyelesaikan satu hal, ga barengan, Beauty!

12. Kalau ada masalah, fokus pada masalah utama dan pikirkan solusinya. Kamu bisa menuliskan masalah itu kalau masih merasa bingung.

13. Sadari apa yang kamu sia-siakan kalau kamu memikirkan hal yang gak perlu dipikirkan.

14. Kamu bisa hidup lebih tenang dan mental lebih kuat kalau overthinking ini bisa kamu kurangi, sadari itu!

15. Sadari apa yang bisa kamu atur dan apa yang gak bisa kamu atur, ya!

16. Sediakan waktu khusus untuk memikirkan masalah, jangan buang waktumu hanya untuk memikirkan masalah.

17. Latih MINDFULNESS (fokus pada masa sekarang).

18. Ambil napas dalam-dalam, lalu buang, lakukan beberapa kali sampai kamu merasa tenang, ya!

19. Ikut kelas pengembangan diri dan kreativitas, ini penting untuk melatih mentalmu lebih siap hadapin situasi spontan. Kegiatan kreatif bisa membuatmu santai sejenak.

20. Bantu orang lain. Energi yang kita dapat bisa positif banget karena saat merasa gak ada jalan lagi, kamu bisa lihat jalan lain setelah membantu orang dan membuat kamu lebih baik dengan melihat perspektif baru!

Semakin banyak hal yang kamu pikirin, semuanya bakal terus berputar-putar yang bikin pusing dan solusinya gak ada, karena kamu cuma perlu tenang. Berpikir lebih mudah buat semua hal itu penting banget, sekiranya ada hal yang gak kita tahui, lebih baik bertanya langsung atau gak dipikirin lagi sama sekali daripada bikin asumsi yang akhirnya nambah pikiran lagi. Berpikir hal yang baik-baik itu perlu banget supaya kamu juga bisa lakuin segala hal baik dan fokus sama apa yang harusnya kamu kerjakan.

Masa lalu dan masa depan adalah dua hal yang gak perlu makan banyak tenaga pikiran kita, karena masa sekarang ini kamu belum kasih ruang buat dirimu sendiri untuk berpikir. Waktu mundur gak mungkin, waktu maju juga sudah pasti, tapi bisa berantakan kalau masa sekarang kamu lupain, Beauty. 

Menyibukan diri sendiri itu perlu untuk membuat senang dan bangga pada diri sendiri atas pencapaian kamu apalagi caramu bertahan sejauh ini sudah sangat hebat! Cepat atau lambat, kekuatanmu hari ini akan jadi sesuatu yang luar biasa di masa depan. Tetap lakukan yang terbaik sesuai versimu, ya!