Beauty, ketiak yang hitam memang bikin kurang percaya diri. Apalagi saat mengenakan pakaian tertentu, baju tanpa lengan misalnya. Tahu enggak sih, penyebab ketiak yang hitam itu karena adanya kesalahan dalam merawatnya. Salah dalam merawatnya, membuat potensi besar warna ketiak menjadi lebih gelap bahkan menghitam. Duh, tambah enggak percaya diri aja kalau pakai atasan off sholder!

Sebenarnya, apa aja sih kesalahan perawatan yang justru membuat kulit ketiak menghitam? Melansir dari laman Boldsky, Jumat (3/7/2020), yuk simak ulasan berikut!

Enggak melakukan eksfoliasi

Enggak cuma wajah aja yang butuh eksfoliasi, ketiak pun demikian. Beauty, ketiak menjadi salah satu area tubuh yang banyak mengeluarkan keringat. Keringat yang menempel itu akan membuat kotoran jadi menumpuk dan membentuk sel-sel kulit mati. Untuk mengeksfoliasi ketiak kamu bisa menggunakan scrub lembut dua kali daalm seminggu.

Baca Juga: Wadaw! Pakai Sunscreen Bikin Nggak Bisa Make Up? Coba yang Mengandung ini..

Baca Juga: Atasi Kulit Kering dengan 5 Masker Buah Alami Ini, Perawatan Akhir Pekan yang Super Murah!

Kurang menggunakan pelembab

Waxing dan cukur dapat membuat ketiak menjadi kering dan kusam. Penting untuk kamu menjaga ketiak tetap lemab agar sehat dan juga indah. Oleskan body lotion sebagai pelembab ke ketiakmu setiap hari setelah mandi ya, Beauty.

Asal mencukur

Mencukur rambut ketiak dengan asal juga menyebabkan kulit ketiak menghitam. Mencukur dengan keras juga akan membuat kulit ketiakmu menjadi kering dan juga sensitif. Kulitmu akan bereaksi pada produk-produk yang sebelumnya aman digunakan.

Menggunakan deodoran beralkohol

Beauty, jangan gunakan deodoran beralkhol pada ketiak karena hal itu bisa merusak kulit. Kamu harus tahu betul deodoran yang kamu pakai memiliki kadar alkohol yang tinggi atau enggaknya. Alkohol enggak cuma bikin kulit ketiak menjadi gelap, tapi kulit juga akan terasa kering dan menyebabkan iritasi setelahnya. 

Enggak memiliki perwatan rutin ketiak yang tepat

Kalau kamu ingin memiliki kulit ketiak yang cerah, kamu juga harus merawatnya dengan cara yang tepat dan rutin dilakukan. Kamu harus berkomitmen untuk melakukan perawatan ketiak secara rutin agar memiliki ketiak indah seperti yang kamu inginkan.

Baca Juga: Uhuy! Begini Caranya Selalu Instagramable..

Baca Juga: Biar Enggak Iritasi, Ini 6 Tips Jitu Memilih Produk Kecantikan untuk Kulit Sensitif

Nah, Beauty sudah tahu kan apa saja kesalahan yang membuat kulit ketiak menghitam? Mulai sekarang, jangan diulangi lagi ya! Semoga bermanfaat!