Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) jadi istilah yang cukup ngetren di masa pandemi ini, banyak tempat kerja bahkan sekolah yang menerapkan WFH untuk mengurangi tingkat penularan Virus Covid-19. Memutus rantai penularan ini penting banget, meskipun sudah banyak tempat kerja bahkan kampus yang membuka akses bekerja atau berkerumun di lingkungan yang ramai. Tapi, tetap saja WFH masih berlaku di beberapa tempat kerja yang biasanya bisa ketemu banyak orang di luar, atau kena macet di kota-kota besar, sekarang jadi diam saja di rumah. Awalnya menyenangkan, tapi lama-lama menimbulkan masalah baru, loh!

Pasti banyak diantara kalian yang belum begitu beradaptasi dengan keadaan sistem kerja dari rumah ini, atau sudah mulai bosan juga merasa makin lelah kalau bekerja di rumah. Tahukah kalian, lelah bekerja dari rumah dan tidak bisa beradabtasi dengan sistem kerja bisa mengakibatkan Burnout Syndrome? Nahloh! Apa tuh Burnout Syndrome
Burnout Syndrme menurut WHO adalah penyakit stress kronis yang disebabkan oleh tekanan pekerjaan yang belum sepenuhnya bisa ditangani dengan baik, Dear! Sindrom ini ditandai dengan kelelahan fisik maupun emosional yang akibatnya energi tubuh kita jadi menurun, akhirnya semangat kerja berkurang, deh! Kalau sudah kehilangan minat kerja dan akhirnya bosan pun lelah dengan pekerjaan, aktivitas pekerjaan ini bisa terganggu, kondisi ini mengkhawatirkan banget, ya.
Kalau sudah berlangsung lama, maka imunitas bisa mengalami penurunan, loh! Jadi rentan kena penyakit fisik, seperti pusing, hipertensi dan migrain. Parahnya lagi, bisa mengganggu kesehatan mental kalian seperti mudah marah dan depresi. Kalau kinerja menurun bahaya banget, Dear.
Bekerja dari rumah bikin kalian merasa lebih gampang lelah karena mata terlalu lama memandang screen di komputer atau laptop juga posisi duduk yang salah. Energi tubuh jadi cepat banget hilang. Nah, solusinya biar WFH tetap produktif dan gak gampang lelah, terapkan 20 menit kemudian memandang 20 meter selama 20 detik, ternyata ini penting dilakukan secara rutin, Dear. Jangan lupa sesekali lakukan peregangan setiap dua jam sekali untuk refreshing di rumah saja, seperti makan, minum, ngemil, sholat (bagi yang menjalankan), atau hal lainnya supaya badan tetap bugar! Perlu juga nih keluar rumah dengan ikuti protokol kesehatan dari pemerintah pastinya, supaya pikiran lebih segar.
Bosan itu wajar karena kalian melakukan aktivitas yang sama setiap harinya , tapi rasa bosan ini harus diatasi apalagi kalau sudah mengganggu produktivitas, cari jalan terbaik yang solutif sesuai kesukaan kalian ya. Kalian juga bisa menghilangkan bosan dengan dengarin musik sambil bekerja, gunakan waktu 5-10 menit buat main game atau buka sosial media. Kalau kalian suka untuk lebih tertata hidupnya, buat juga daftar pekerjaan yang harus dilakukan tiap hari, jadi kalian tetap punya skala prioritas untuk bekerja dari rumah.
Percaya pada diri kalian kalau kalian punya kemampuan untuk survive dari keadaan ini, apalagi beradaptasi dengan WFH. Nikmatin prosesnya, tabah sampai akhir!