Hai, Beauty! Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah? Salah satu hewan peliharaan yang paling sering diadopsi selain anjing adalah kucing. Kucing merupakan salah satu hewan yang mudah untuk dipelihara lho! Selain itu, tingkahnya yang lucu terkadang membuat kita jadi mudah sayang dan gemas dengan hewan satu ini.

Tapi, kalau tiba-tiba terjadi sesuatu dengan kucing kesayangan kita seperti bulunya yang selalu rontok pasti akan membuat kita menjadi cemas dan khawatir. Oleh karena itu, HerStory sudah merangkum (03/07/2020) penyebab bulu kucing terlalu sering rontok, yuk perhatikan!

Sampo yang Kurang Cocok

Baca Juga: Bahaya! Penyakit ini Timbul Akibat Sering Minum Air Dingin dengan Berlebihan!

Baca Juga: Wow! Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Menangis!

Penyebab yang pertama adalah salahnya penggunaan sampo. Kalau kamu terlau sering memandikan kucingmu juga enggak bagus untuk kesehatan bulu kucingmu lho. Sama seperti rambut kita, kalau sampo nya enggak cocok pasti rambut akan mudah rontok, oleh karena itu cobalah untuk mengganti produk sampo kucing kamu ya!

Kekurangan Gizi

Selain sampo yang enggak cocok, alasan bulu kucing sering rontok karena kurangnyag gizi pada kucing. Untuk kucing biasanya mereka akan membutuhkan vitamin A, vitamin E dan protein untuk menjaga bulunya untuk tetap sehat. Oleh karena itu, pastikan makanan yang kamu berikan kepada kucingmu mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuhnya ya sehingga bulu-bulu pada kucing bisa tetap terjaga.

Kelebihan Nutrisi

Baca Juga: Cuaca Makin Dingin di Tengah Pandemi? Begini Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat!

Baca Juga: Puasa Skincare? Jangan Sembarangan Ikut Tren!

Kalau tadi kekurangan gizi sekarang kelebihan nutrisi bisa menyebabkan rontoknya bulu kucing. Untuk itu lagi-lagi kamu harus memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalam makanan kucingmu agar yang masuk ke dalam tubuhnya enggak berlebihan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter seberapa banyak nutrisi yang harus dikonsumsi oleh kucing agar bulunya tetap sehat.

Alergi

Ternyata bukan hanya manusia aja yang bisa terkena alergi, ternyata hewan juga bisa lho. Penyebab selanjutnya yang bisa membuat bulu kucing kita rontok adalah alergi. Alergi bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti salah makan, salah pemberian obat, vaksin hingga adanya parasit yang tumbuh di tubuh kucingmu. Alergi pada kucing bisa menyebabkan gatal, iritasi hingga membuat tubuhnya terluka karena terlalu sering digaruk.

Kutu

Penyebab terakhir adalah kutu. Kutu bisa menyebabkan kulit gatal pada tubuh kucing kita, sehingga dia akan terus menerus menggaruk tubuhnya hingga bisa membuat dia kehilangan nutrisi. Kalau kamu menemukan perilaku aneh kucingmu lebih baik kamu segera bawa dia ke dokter hewan agar bisa diatasi.

Ternyata kesehatan hewan juga harus kita jaga ya, Beauty agar kita semua bisa hidup sehat bersama-sama.