Hubungan yang sehat memberikan yang terbaik buatmu dari segala hal dan membuatmu merasa myaman dengan dirimu sendiri. Tapi bukan berarti hubungan sehat ini adalah hubungan yang sempurna, ya. Gak ada hubungan yang 100% sehat karena tubuh manusia saja bisa sakit beberapa waktu, apalagi hubungan yang dijalani oleh dua orang. Hubungan sehat sebenarnya adalah yang memanifestasikan diri untuk punya komunikasi yang sehat, bagian terpentingnya adalah mencintai diri sendiri. Kamu gak akan bisa mencintai orang lain kalau kamu belum mencintai dirimu sendiri, Dear!

Nah, di bawah ini adalah perilaku yang harus kamu perjuangkan dalam hubunganmu, karakteristik dan perilaku yang sehat di bawah ini bisa jadi referensimu untuk tetap punya hubungan yang sehat.

1. Kenyamanan

Waktu terus bergerak membuatmu harus memperhatikan situasi dan gak tergesa-gesa apalagi bisa bikin kamu tertekan dengan cara yang bikin kamu kewalahan. Normal saat kamu habisin banyak waktu di awal hubungan, tapi ingat, waktu yang kalian gunakan bersama selalu bergerak. Menjaga ritme dalam hubungan ini penting setidaknya kamu dan pasangan gak merasa tertekan ada dalam sebuah hubungan.

2. Kepercayaan

Hal terberat dalam hubungan adalah saat kamu gak bisa percaya sama pasangan, jadi pilihlah pasangan yang bisa kamu percaya, bukan yang kamu bentuk untuk bisa dipercaya. Percaya diri kalau pasangan gak akan bikin kamu sakit hati dengan yang dia lakukan sehingga hubungan bisa rusak. Kepercayaan datang dengan mudah dan kamu gak perlu tanyakan itu pada orang di luar hubunganmu, toh mereka menghormati privasimu. Jangan buat dirimu melalui ujian untuk membuktikan kesetiaanmu.

3. Kejujuran

Berterus terang tanpa merasa takut respon pasanganmu penting banget dalam sebuah hubungan. Kamu harusnya merasa bisa berbagi semua kebenaran tentang hidupmu dan merasa satu sama lain gak perlu menyembunyikan suatu hal. Pasanganmu bisa saja gak suka sama apa yang kamu katakan, tapi kejujuran punya nilai tersendiri meskipun berita yang datang mengecewakan, tapi bisa ditanggapi dengan cara yang penuh perhatian, Dear.

4. Kebebasan

Kamu punya ruang untuk jadi diri sendiri di luar hubunganmu. Pasangan harus mendukung hobimu, ya. Juga memahami hubunganmu dengan teman-teman lainnya, keluarga dan rekan kerja. Pasangan sebenarnya gak perlu terlibat dalam segala hal yang kamu lakuin, kalau kamu merasa dirimu mandiri berarti kamu bebas buat lakuin apapun dan memberi kebebasan yang sama buat pasangan dengan tetap menjaga kepercayaan satu sama lain pastinya.

5. Menyenangkan

Dalam hubungan harusnya kamu menikmati waktu bersamanya dan menghasilkan yang terbaik bersama. Hubungan yang sehat harusnya terasa mudah dan membuatmu bahagia, kamu bisa tertawa bersama dan jadi diri sendiri. Hubungan mestinya gak bikin suasana hatimu sedih tapi membuatmu bahagia. Meskipun begitu, hubungan gak selamanya menyenangkan, tapi semua hal baik harusnya melebihi hal buruk.

6. Konflik Sehat

Diskusikan masalah dengan terbuka dan terhormat, hadapin selisih paham tanpa menghakimi. Konflik ini normal dalam hubungan dan bisa membuatmu lebih memahami pasangan. Perbedaan pasti ada karena manusia bersifat dinamis, berubah-ubah. Konflik yang sehat ini mengakui akar masalahnya dan menanganinya dengan hormat sebelum masalah makin besar. Kamu gak perlu meremehkan dan berteriak selama bertengkar.

7. Bertanggung Jawab

Meminta maaf saat salah dan membuat perubahan yang baik untuk memperbaiki hubungan adalah salah satu cara bertanggung jawab dalam berhubungan. Bertanggung jawab terhadap masa depan bersama sangat penting untuk hubungan yang sehat, Dear.

8. Kebaikan

Saling peduli dan berempati pada pasangan, kasih kenyamanan dan dukungan karena itu adalah cara untuk membuat pasangan bahagia. Kasih sayangmu kerasa, loh, dengan semua perilaku baikmu!

9. Menghormati

Hubungan sehat itu menghargai kepercayaan dan pendapat satu sama lain, saling mencintai dan merasa nyaman dengan segala batasan yang ada. Pasangan ikut senang dengan semua pencapaianmu dan mendukung kerja kerasmu apalagi impianmu, rasa menghargai dan menghormati ini membuatmu tersanjung sebagai pasangan yang bahagia.

10. Keseimbangan

Hubungan harus terasa seimbang, upaya yang kamu lakuin ini menentukan keberhasilan dalam hubungan. Kamu gak akan biarin salah satu dari kalian mendominasi, apalagi pandangan orang lain di luar hubungan kalian. Jadilah pendengar yang baik dan berkompromi saat kamu gak mau suatu hal yang sama. Kadang ada waktunya kamu memberi lebih banyak (uang, waktu, dukungan emosional) pada pasangan, tapi penting banget untuk merasakan hasil yang adil dan merata dari semua yang kalian lakukan bersama.
Jadi, bagian mana yang masih kamu lupakan? Yuk, perbaiki hubunganmu dan jadikan hubungan sehat untuk membuatmu bahagia dan orang yang kamu cintai ikut bahagia!