Menu

Berkaca dari Aliando Syarief, Begini Tanda Jika Anak Mengidap OCD

28 Januari 2022 16:10 WIB
Berkaca dari Aliando Syarief, Begini Tanda Jika Anak Mengidap OCD

Ilustrasi anak mengidap Obsessive Compulsive Disorder (Freepik/luastone)

HerStory, Bekasi —

Aktor tampan Aliando Syarief mengejutkan para penggemarnya dengan mengumumkan bahwa dirinya mengalami Obsessive Compulsive Disorder (OCD) ekstrem sejak 2019 silam. 

Aliando mengatakan bahwa penyakit mental yang diidapnya membuat dirinya terganggu. Di mana ia merasa berdebat dengan pikirannya sendiri. 

Melansir Healthline, kondisi OCD membuat pengidapnya mengalami obsesif gak terkendali atas sesuatu hingga menyebabkan perilaku kompulsif atau berulang. Karakteristik OCD ini ditandai dengan pemikiran dan rasa takut (obsesi) gak berdasar yang pada akhirnya memicu perilaku kompulsif.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda jika anak mengidap OCD.

Sering mencuci tangan

Cuci tangan sebelum dan setelah makan atau aktivitas memang wajar. Namun, apabila sedikit-sedikit anak selalu mencuci tangan hanya karena ketakutan akan kuman yang menempel di kulit, ini bisa jadi tanda OCD.

Menanyakan sesuatu berulang kali

Tanda yang sering muncul pada pengidap OCD ialah sering menanyakan hal yang sama berulang kali untuk mengurangi kekhawatiran dalam diri. 

Sulit berkonsentrasi

Anak yang menderita OCD akan sulit berkonsentrasi. Ini dikarenakan anak memiliki pikiran yang penuh dengan ketakukan dalam pikiran mereka sendiri hingga susah untuk berkonsentrasi. Contohnya menurut si kecil cuci tangan lebih penting karena ia baru saja memegang perabotan umum.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya