Selama wabah Covid-19, orang-orang jadi makin kreatif untuk mengisi waktu luangnya supaya gak bosan dengan kegiatan di rumah saja. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melukis wajah yang seram, lucu, bahkan aneh. Konten seseorang yang melukis wajah ini jadi makin digandrungi kawula muda, khususnya wanita. Punya penonton yang cukup banyak membuat melukis wajah ini jadi rutinitas. Tapi bahaya gak, sih? 

Meskipun keren, melukis wajah ini perlu diperhatikan loh, gak bisa sembarangan. Dilansir dari beberapa sumber, ini adalah tips dari dokter kulit supaya kulitmu aman meskipun melukis wajah!

1. Ikuti Petunjuk 

Jangan sampai kamu memakai produk tapi gak ikutin petunjuk, ya. Baca labelnya sebelum kamu gunain cat dan make up, karena ada bahan yang gak boleh digunain di dekat mata, bahkan ada yang gak boleh digunakan di wajah. Jangan sampai kamu menggunakan produk yang gak boleh digunakan ke kulit, kalau enggak, bisa muncul ruam, jerawat, reaksi alergi bahkan lebih buruk pada kulit kamu!

2. Tes Produk Sebelum Digunakan Pada Wajah

Kalau produk yang mau kamu gunakan belum pernah kamu gunakan, uji dulu sedikit di lengan seharian, ya. Menggunakan langsung pada wajah cuma bikin kulitmu rusak kalau ternyata gak cocok, bahaya banget buat kamu yang kulitnya sensitif atau rentan alergi, Dear.

3. Oleskan Sedikit Saja

Karena bahannya bisa saja mengiritasi kulit, jadi gunakan secukupnya saja, ya. Jangan terlalu banyak. Ingat kalau cat bisa saja menutupi pori-pori kulitmu dan membuat efek panas pada kulit. Ini bisa membuat keringat susah keluar bahkan kulit susah bernapas.

4. Hapus semua produk sebelum tidur

Mau itu cat atau make up, sama saja, bersihkan dulu sebelum tidur! Bahkan wajah tanpa riasan pun harus tetap kamu bersihkan sebelum tidur. Produk yang kamu gunakan bisa saja mengelupas dan masuk ke mata, bahaya banget, kan! Gunakan penghapus make up dan sabun untuk membersihkannya, tanpa sisa!
Nah, itu tadi harus kamu lakukan tanpa kecuali, ya. Jangan buat kulitmu rusak demi konten, kulitmu lebih penting daripada popularitas. Cantik itu sehat!