Akibat dari covid-19 membuat banyak orang yang terkena dampaknya, salah satunya adalah work from home dan juga karantina diri yang membuat kita harus beraktifitas dari rumah. Namun, ternyata hal tersebut membuat beberapa orang menjadi lebih rutin berolahraga lho. Ada yang melakukan lari, yoga, bersepeda hingga berjalan kaki saja.

Meditasi berjalan memang belum banyak yang mengenalnya seperti meditasi duduk. Namun ternyata manfaat dari meditasi berjalan enggak kalah banyak lho dari meditasi duduk. Meditasi berjalan bisa memberikan keseimbangan tubuh dan ketenangan serta mengembangkan kesadaran tentang pikiran, lingkungan dan tubuh. Berikut ini rangkuman (03/07/2020) HerStory mengenai manfaat meditasi berjalan.

Meningkatkan Aliran Darah

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Kebiasaan Tidur Setelah Makan bagi Kesehatan, Jangan Disepelekan Ya!

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Kinerja Tubuh, Ini Manfaat Lain Konsumsi Daging Sapi Bagi Kesehatan...

Untuk kamu yang terlalu lama duduk, lebih baik kamu luangkan waktu untuk melakukan meditasi berjalan ini karena darah dalam tubuhmu akan lebih lancar dan bebas dari pegal. Selain itu, meditasi berjalan juga membuat darah mengalir ke kaki dan membuat pikiran lebih terbuka sekaligus meningkatkan energi untuk terus bekerja.

Kurangi Kecemasan

Di dalam sebuah studi mengatakan meditasi berjalan bila dilakukan selama 10 menit setiap harinya atau sebanyak tiga kali dalam seminggu bisa membuat tingkat kecemasan kita menurun lho. Hal ini akan membuat kita lebih rileks dan kecemasan berangsur membaik.

Meningkatkan Kesejahteraan

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Keracunan Arsenik karena Makanan? Ini Penjelasan Medis!

Kalau di sekitar rumahmu ada tempat yang memiliki banyak pepohonan atau taman akan lebih baik kalau kamu melakukan meditasi di tempat tersebut, karena akan membantu kamu dalam meningkatkan kesejahteraan. Menurut sebuah studi, orang yang berjalan selama 15 menit di sebuah hutan bambu bisa membuat mood bertambah, tingkat kecemasan berkurang dan juga menyeimbangkan tekanan darah.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Selanjutnya, meditasi berjalan membuat ketegangan pada saraf bisa berkurang sehingga membuat fisik menjadi lebih sehat. Kalau kamu melakukan hal ini di pagi hari bisa membuat kamu tidur nyenyak di malam harinya karena pikiranmu dalam keadaan yang tenang.

Meningkatkan Kreatifitas

Terakhir, meditasi berjalan juga bisa membuat kreatifitas kamu bertambah. Karena meditasi berjalan bisa membuat kamu mengalami pengembangan diri seperti memecahkan masalah dan memberikan ide-ide baru yang bermanfaat untuk dirimu.

Yuk bangun pagi dan jalan-jalan iseng keliling komplek supaya badan kamu lebih sehat!