Kulit wajah yang mudah berjerawat memang cukup menyebalkan bahkan tak jarang sulit untuk diobati. Tapi, Tea Tree Oil ternyata punya manfaat yang dapat melegakan hati para penderita kulit jerawat, nih! Setelah adanya benzoil peroksida dan asam salisilat untuk berperang melawan jerawat, tea tree oil menjadi alternatif selanjutnya. Tren penggunaan tea tree oil dalam kandungan skincare ini karena minyak atsiri ternyata dikenal atas sifatnya, yakni anti-inflamasi, inilah masalah utama bagi mereka yang punya kulit berjerawat.

Tapi, bukankah setiap produk perawatan kulit punya kekurangannya masing-masing? Itulah kenapa kita perlu mengetahui jenis kulit kita sebelum menggunakan skincare dan tidak bisa sembarangan, atau kulit kita bisa rusak, loh! Dilansir dari Women’s Healt, dokter kulit yang ada di New York, Marisa Garshick ini ternyata menimbang pertanyaan terbesar kita soal tea tree oil ini. Menurutnya, tea tree oil ini efektif karena secara anti bakteri, ia berasal dari Melaleuca Alternifolia sebagai pohon kecil asli Australia yang mengandung terpinene-4-ol. Apa maksudnya ya?

Jadi, Dokter Marisa Garshick ini menjelaskan bahwa tea tree oil ini memiliki sifat anti bakteri dan anti ragi, “it helps with acne because the oil has been found to have antimicrobial effects against Cutibacterium acnes” jelasnya. Jenis bakteri inilah yang ditemukan dalam kulit normal yang sehat dan terlibat dalam pembentukan jerawat. Tea tree oil ini terbukti mengurangi jerawat, terutama benjolan merah yang meradang pun dalam penelitian lainnya, tea tree oil ini bermanfaat dalam membersihkan komedo, loh! 

Baca Juga: Murah Meriah, 5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat di wajah

Baca Juga: 5 Masker Alami Ini Ampuh Mengencangkan Kulit Wajah, Anti Kendur dan Bikin Awet Muda Pokoknya!

Seorang dokter kulit dari Connecticut, Deanne Robinson, MD menjelaskan bahwa dalam penelitian lainnya tea tree oil memicu aktivitas sel darah putih yang merupakan kunci dalam proses penyembuhan jerawat. Tapi tahukah kalian? Tea tree oil ternyata tidak baik untuk kulit sensitif. Kabar menyedihkan ini disampaikannya bahwa jika kalian memiliki kulit sensitif atau rentan terkena eksim, kalian harus menjauhi tea tree oil ini karena bisa menyebabkan iritasi, “you should avoid tea tree oil as it can cahse irritation or true allergic aczema” jelas Dr. Robinson.

Lebih buruknya, kulit akan breakout dan muncul ruam yang tidak menyenangkan. Meski begitu, ini tetap jadi pilihan lembut daripada benzoil peroksida atau asam salisilat kalau kulit kita bukan kulit yang rewel. 

Nah, ini penting! Jangan pernah ya kalian oleskan tea tree oil langsung ke kulit karena bisa menyebabkan iritasi serius. Pernah kan, kita mencampr minyak esensial dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun, kelapa atau almond, tetapi menurut Dr. Robinson, minyak ini dapat memperburuk jerawat. Jangan eksperimen dan justru merusak ya, Dear!

Dr. Robinson ini menyarankan untuk treatment ini dilakukan dengan menambahkan beberapa tetes asam hyaluronic ke dalam pelembab wajah. Untuk perawatan langsung, kita bisa basahi kapas dengan air dan tambahkan setetes tea tree oil lalu bersihkan dengan lembut.

Baca Juga: Hits Banget di TikTok! 5 Produk Skincare Ini Banyak Diburu Kaum Hawa

Baca Juga: Beauty, Punya 3 Masalah Kulit Ini Akibat Pakai Produk Skincare? Begini Lho Cara Ampuh Mengatasinya!

Ingat ya, hanya karena minyak ini alami, bukan berarti tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Tea tree oil sendiri adalah bahan yang sangat kuat, jadi kita harus berhati-hati saat mengoleskannya. 

Lalu gimana nih cara supaya terhindar dari jebakan batman ini? Kita bisa menguji produk baru di lengan tangan kita lalu menunggu reaksinya sebelum produk tersebut mengenai wajah kita, Dear.

Gimana? Kalian sudah tertarik menggunakan tea tree oil sebagai skincare? Pilih cara amannya saja, ya. Misalnya dengan menggunakan produk yang mengandung tea tree oil, bukan DIY sendiri di rumah yang pastinya beresiko tinggi untuk kulit wajah kita.

Dr. Garshick menambahkan, bahwa beberapa produk akan merumuskan tea tree oil dengan bahan pelengkap lainnya yang secara lembut mengelupas kulit untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuka sumbatan pada pori-pori wajah yang menjadi masalah umum mereka yang berjerawat. Cantik itu sehat, Dear, jadi bijaklah dalam merawat kulit kita.