Beauty, apakah kamu memiliki kebiasaan untuk minum air putih setelah bangun tidur? Jika iya, memangnya itu menyehatkan ya? Kita temukan jawabannya di sini yuk!

Kamu harus tahu nih, Beauty bahwa air merupakan 60 persen bagian dari tubuh manusia, sehingga minum jumlah yang cukup merupakan sangat penting bagi kesehatan.

Ada klaim tentang air minum air dalam waktu tertentu dalam sehari terutama di pagi hari bisa  meningkatkan kesehatan. Bahkan ada beberapa penelitian berpendapat bahwa kontribusi air terhadap kesehatan bisa membuat tubuh terrehidrasi, penurunan berat badan, peningkatan kinerja mental, dan detoksifikasi tubuh.

Baca Juga: Bahaya! Penyakit ini Timbul Akibat Sering Minum Air Dingin dengan Berlebihan!

Baca Juga: Lapar Meski Sudah Makan? Bisa Jadi karena Kurang Minum Air Putih Lho

Namun, ternyata kamu tak harus minum air di pagi hari untuk merasakan manfaat kesehatannya. Telah ditentukan dalam satu penelitian yang menganalisis berbagai status hidrasi dan asupan cairan pada 164 orang dewasa. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa minum saat beberapa jam pertama setelah bangun tidur, tak membuat tingkat hidrasi terpengaruh secara signifikan.

Karena itu, para ahli mengimbau untuk minum air setiap kali sudah merasa haus. Haus adalah sensasi yang diminta tubuh saat membutuhkan air dan itu bisa terjadi sepanjang hari, tidak hanya di pagi hari.

Studi lain menunjukkan bahwa asupan air berpotensi meningkatkan laju metabolisme orang dewasa hingga 24 hingga 30 persen, sehingga mendorong penurunan berat badan. Selain itu, sekitar 48 kalori dibakar hanya dengan minum air dua kali lipat dari jumlah biasa setiap hari.

Meskipun ini benar secara ilmiah, tidak ada bukti yang menyarankan hasil ini terbatas pada mengkonsumsi air di pagi hari. Menurut sebuah penelitian, dehidrasi ringan mengganggu kewaspadaan mental, konsentrasi dan kinerja fisik, sehingga merekomendasikan bahwa minum air putih saat bangun tidur meningkatkan fungsi kognitif.

Baca Juga: Beauty Merapat! Ini Lho 4 Kebiasaan Rutin di Pagi Hari untuk Diet Sehat, Mau Coba?

Baca Juga: Serem! Akibat Jarang Meminum Air Putih dan Nggak Sarapan Seorang Wanita Terkena Batu Empedu! Kok Bisa Ya?

Namun, tidak ada bukti yang membatasi rehidrasi pada jam-jam pertama di pagi hari untuk mencapai manfaat mental maksimum. Satu kesalahpahaman yang lebih umum adalah bahwa air minum di pagi hari mengeluarkan racun dalam tubuh. Sementara air pasti diperlukan untuk menghilangkan limbah tubuh, namun tidak ada ilmu yang bisa mendukung klaim kebiasaan pagi ini.

Membersihkan tubuh dari racun, yang merupakan fungsi utama ginjal, tidak terbatas pada waktu tertentu dalam sehari. Ini terus terjadi selama ada zat untuk dihilangkan dan air untuk membantu proses, mungkin di pagi hari, sore atau malam hari.