Beauty, kamu tahu enggak sih bahwa wanita menopause ternyata jadi lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskular (jantung). American Heart Association (AHA) mengatakan bahwa 10 tahun setelah wanita mengalami menopause sering terjadi serangan jantung. Ternyata menopause jadi salah satu faktor risiko untuk beberapa penyakit, terutama penyakit kardiovaskular. 

Salah satu alasan penyakit jantung dapat dikaitkan dengan menopause pada wanita adalah karena kadar hormon estrogen turun setelah menopause. Estrogen dikatakan membantu menjaga ekspansi dan kontraksi pembuluh darah dan memudahkan aliran darah. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa terapi penggantian hormon tidak mengurangi risiko pengembangan penyakit kardiovaskular.

Usia tampaknya menjadi faktor utama. Sebuah studi baru yang diterbitkan oleh The Lancet Public Health mengamati adanya peningkatan risiko masalah jantung pada wanita yang lebih muda karena mengalami menopause dini sebelum usia 40 tahun. Para peneliti ingin mengetahui apakah usia menopause mempengaruhi risiko penyakit kardiovaskular atau tidak.

Baca Juga: Jangan Sampai Melewatkan Sarapan! Bisa Tingkatkan Risiko Sakit Jantung Lho

Baca Juga: Waspada! Wanita yang Kelebihan Berat Badan Berisiko Alami Menopause Dini

Data tentang 301.438 wanita di lima negara dilibatkan dalam penelitian observasional skala besar ini. Usia rata-rata 57 tahun dan waktu menopause mereka berusia 50 hingga 52 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang mengalami menopause dini maka semakin besar kemungkinan untuk menderita jantung. serangan atau stroke. Faktor-faktor tertentu, seperti merokok, indeks massa tubuh dan terapi penggantian hormon untuk wanita pascamenopause juga bisa mempengaruhi hasil ini.

"Setelah stratifikasi oleh variabel-variabel utama ini, hubungan antara usia yang lebih muda saat menopause dan risiko penyakit kardiovaskular lebih kuat pada wanita yang merokok, kurang berat badan atau obesitas, dan wanita yang memiliki tingkat pendidikan rendah," kata para peneliti seperti dilansir dari laman Medical Daily (7/6/2020).

Dari semua analisis di atas, bukti mengatakan bahwa risiko menderita serangan jantung atau stroke paling banyak terjadi pada wanita yang mengalami menopause dini.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Ingin Terhindar dari Penyakit Jantung? Hindari Stres ya Beauty! Ini Alasannya...

"Wanita di bawah usia 40 yang mengalami menopause dini hampir dua kali lebih mungkin untuk mengalami penyakit kardiovaskular non-fatal sebelum usia 60 tahun. Ini dibandingkan dengan wanita yang mencapai menopause antara usia 50 atau 51 tahun," ujar Profesor Kesehatan Masyarakat, Gita Mishra.

"Wanita yang berusia antara 40 dan 44 dalam menopause adalah 40 persen lebih mungkin menderita kondisi kardiovaskular," tambahnya.