Menu

Ini Perbedaan Sakit Tenggorokan Biasa dengan Infeksi Omicron, Perhatikan Gejalanya!

03 Februari 2022 15:10 WIB
Ini Perbedaan Sakit Tenggorokan Biasa dengan Infeksi Omicron, Perhatikan Gejalanya!

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Kasus infeksi varian Omicron melonjak di Tanah Air. Banyak yang enggak sadar bahwa dirinya terinfeksi COVID-19 Omicron lantaran disebut-sebut gejalanya mirip dengan flu biasa.

Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah sakit tenggorokan yang membuat rasa kurang nyaman. Namun, masih banyak yang sulit membedakan sakit tenggorokan biasa dengan gejala Omicron.

"Berbeda dengan delta yang biasanya membuat demam, nyeri di tenggorokan atau tidak enak ditenggorokan yang menjadi gejala umum omicron biasanya diikuti dengan batuk," terang dr. Erlina Burhan, SpP(K), dari RSUP Persahabatan saat konferensi pers beberapa waktu lalu.

dr. Erlina menjelaskan perbedaan sakit tenggorokan biasa dengan terinfeksi Omicron dilihat dengan gejala-gejala lain yang mungkin dialami, seperti terasa kelelahan berlebih, sakit kepala dan juga hidung tersumbat.

"Nyeri tenggorok kalau faringitis hanya sekedar nyeri biasanya. Kalaupun akhirnya demam karena ada bakteri. Omicron memang seperti flu, tapi lebih dari flu biasa. Variasi gejalanya lebih banyak dibandingkan dengan flu," tutur dr. Erlina.

Sementara itu, apabila terkonfirmasi positif COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah, dr. Erlina pun mengizinkan untuk mengatasi gejala dengan konsumsi obat yang dijual secara bebas. Perlu diingat bahwa obat yang bisa dikonsumsi yang berlabel hijau, sedangkan untuk antivirus bisa didapatkan dengan resep dokter.

"Boleh saja, silakan meminum obat-obatan untuk mengatasi nyeri tenggorokan tersebut. Bisa mulai dari anti nyeri. Kalau hanya parasetamol bisa beli sendiri. Yang harus pakai resep dokter biasanya antivirus, tapi kalau vitamin dan obat anti demam bisa beli sendiri," tukasnya.

Baca Juga: Tenggorokan Terasa Sakit saat Bangun Tidur? Ketahui 5 Penyebabnya Nih!

Baca Juga: Omicron Kian Merajalela, Ini Bedanya Durasi Sakit Tenggorokan Biasa dengan Covid-19, Jangan Sampai Salah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.