Sulit tidur di malam hari memang mengganggu banget karena yang kamu rasakan adalah gelisah dan takut saking seringnya gak bisa tidur. Makin hari, keadaan jadi makin parah dan kamu makin sulit tidur. Ahli neuropsikologi Amy Serin, pendiri The Touch Point Solution mengungkapkan bahwa "setiap kali seseorang mengalami kecemasan, sistem saraf simpatik yang mengendalikan mode fight/flight akan aktif. Mereka jadi tidak bisa tidur karenanya, itulah sebabnya mengapa banyak orang yang tidak bisa tidur berhari-hari karena banyak pikiran. Mereka hanya bisa melihat jarum jam berputar, berharap segera tidur" jelasnya.

Saat kamu insomnia, tubuh maupun pikiranmu harus dalam kondisi yang tenang supaya mudah terlelap, tapi bagi mereka yang menderita kecemasan gak mungkin bisa tenang begitu saja. Serin mengungkapkan juga bahwa perasaan cemas membuat otak gak berhenti bekerja. "Penyakit insomnia bisa muncul karena kecemasan. Kurang tidur juga dapat meningkatkan kecemasan dan mengacaukan suasana hati," kata Marissa Long, psikolog dari California Selatan.

Menurut beberapa ahli gangguan tidur yang dilansir dari beberapa sumber, ini adalah cara paling tepat untuk menyingkirkan perasaan cemas supaya kamu bisa tidur lelap dengan cepat, cobain ya, Beauty!

Baca Juga: Bahaya! Penyakit ini Timbul Akibat Sering Minum Air Dingin dengan Berlebihan!

Baca Juga: Waduh! Katanya, 3 Makanan Ini Bisa 'Menyakiti Otak', Kenapa Ya?

1.Sebelum tidur lakukan Brain Dump

Brain Dump adalah keadaan dimana kamu menulis hal-hal yang dikhawatirkan supaya gak mengganggu pikiran saat mau tidur, misal lima menit sebelum tidur kamu bisa lakukan hal ini. Selain apa yang kamu khawatirkan, bisa juga tulis hal yang penting kamu lakukan esok hari, jadi otak sudah cukup tenang daripada mengingatkanmu hal-hal ini sebelum tidur, Beauty!

2.Berhenti melihat jam

Melihat jam bisa memperburuk kecemasanmu, jadi jangan lakukan, ya. Helen Odessky, psikolog dari Chicago dan penulis Stop Anxiety From Stopping You, menyarankan untuk mengurangi kecemasan dan stres yang timbul akibat kurang tidur dengan menyingkirkan jam dari penglihatanmu atau membalikkan ponsel supaya cahayanya gak ganggu dan membangunkanmu, Beauty!

3.Keluar kamar sebelum tidur

Menurut Kimberly Fenn, dosen di Michigan State University, semakin lama kamu rebahan di kasur dan mencoba tidur maka semakin parah kecemasan ada hingga berakibat kamu teringat apa yang terjadi di malam sebelumnya. Perasaan cemasnya pun kembali muncul. Fenn menyarankan kamu keluar kamar dan melakukan sesuatu hingga mengantuk, Beauty.

4.Jangan rebahan kecuali siap untuk tidur

Bersiap tidur lebih awal malah bisa membuatmu berpikir yang tidak-tidak. Menurut Fenn, kamu bisa bersiap tidur setengah jam lebih awal kalau misalnya kamu bangun lebih awal. Rasa lelah bisa memudahkan tidur. Kamu juga tidak akan mengaitkan kasur dengan perasaan cemas, Beauty.

Baca Juga: Stop! Jangan Samakan Lagi Serangan Panik dan Serangan Kecemasan, Ini Bedanya!

Baca Juga: Musim Hujan Bikin Depresi? Cegah Dengan Ini!

5.Coba gunakan aplikasi meditasi

Menurut Fenn, menenangkan tubuh bisa meningkatkan hasrat untuk tidur, kamu bisa baca buku atau gunakan aplikasi meditasi seperti Headspace. Odessky mengungkapkan bahwa Meditasi mampu mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang bisa menenangkan tubuh. Ketika kamu tertekan, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang menekan produksi melatonin atau hormon tidur. Meditasi dapat membantu kita menenangkan diri supaya bisa terlelap dengan sendirinya, Beauty!

Kamu bisa coba tips ini kalau beragam cara yang kamu cari sudah benar-benar gak berhasil, nih!