Mandi merupakan ritual yang menyegarkan tubuh. Selain itu, mandi juga bisa membuat tubuh bersih dan bebas dari berbagai kuman dan bakteri. Mandi jadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat musim penyakit seperti ini.

Sebagian besar waktu, orang akan mengatakan bahwa mandi air dingin di pagi hari adalah cara yang bagus untuk memulai hari. Namun, ada juga yang lebih suka mandi di sore menjelang malam hari. Jadi, mana yang lebih baik?

Para ahli mengatakan jam mandi harus disesuaikan dengan aktivitas seseorang. Jika berbicara tentang kualitasi tidur, mandi sore menjelang malam adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: Yuk Rajin Mandi Air Dingin! Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Baca Juga: Waspada! Sederet Kebiasaan Mandi yang Buruk Bagi Kesehatan, Perlu Dicatat Nih!

Pasalnya Elizabeth Culnan, Ph.D., Postdoctoral Fellow di Behavioral Sleep Medicine di Rush University Medical Center,  mengatakan bahwa mandi sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu tubuh untuk tertidur lebih cepat. Selain itu, ia juga mengklaim mandi dua jam sebelum tidur akan menghangatkan tubuh. Ini juga akan memungkinkan kamu untuk memiliki waktu tidur yang jauh lebih santai.

Sedangkan untuk mandi pagi, ini juga dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mandi di pagi hari menjadi bagian dari rutinitas pagi kebanyakan orang yang cenderung bisa membangunkan otak dan memberi tahu bahwa itu adalah awal dari hari yang baru sebelum menjalani aktivitas yang padat.

Selain itu, dokter naturopati mengklaim mandi bisa disebut sebagai hidroterapi yang sudah dilakukan dari zaman dahulu. Hidroterapi adalah pergantian antara mandi air panas atau hangat dengan mandi air dingin untuk membangunkan sistem tubuh, meningkatkan aliran darah dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apakah itu mandi dalam waktu yang lama atau mandi cepat, mandi dengan air hangat atau mandi air dingin, bahkan mandi pagi atau mandi malam, intinya adalah tidak ada waktu yang salah untuk mandi. Mandi akan selalu memiliki kemampuan untuk menyegarkan indera tubuh.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Imun Hingga Redakan Stres, Ini Sederet Manfaat Mandi Air Dingin untuk Tubuh

Baca Juga: Besok Lebaran, Jangan Sampai Kurang Tidur Ya! Yuk, Coba Mandi Air Hangat untuk Merilekskan Tubuh