Beauty, kamu pasti setuju bahwa bau badan akan sangat menganggu. Bahkan bau badan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang lho. Enggak heran deh banyak orang yang tak bisa lepas dari produk deodoran. Apalagi di Indonesia yang cuacanya tropis, jadi lebih mudah berkeringat.

Namun, penggunaan deodoran yang berada di pasaran diketahui mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Enggak hanya itu, deodoran tersebut juga hanya bisa melindungi tubuh dari bau dalam waktu yang singkat.

Untungnya, ada cara alami, segar, dan bersih untuk mengatasi bau badan yang mengganggu. Demi mencegah keringat berlebih dan bau badan, tambahkan cara di bawah ini ke untuk ketiak bebas bau dan wangi sepanjang hari!

Baca Juga: Miliki Ketiak Hitam? Tak Perlu Risau! Sederet Bahan Alami Ini Ampuh Cerahkan Ketiakmu

Baca Juga: Ternyata.. Begini Lho 5 Cara Ampuh Hilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran, Bisa Catat Nih!

1. Cukur Rambut Ketiak

Rambut lebat di ketiak dapat menciptakan lingkungan yang nyaman untuk bakteri. Jika kamu mencukur rambut di ketiak, itu akan mudah menyerap bau dan bahkan dapat memperlambat penguapan keringat. Rambut di ketiak bisa membuat ketiak jadi bau. Oleh sebab itu, Dr. Jennifer Burns, dokter di The Bienetre Center di Phoenix, merekomendasikan untuk mencukur ketiak demi menghentikan bau badan sehingga bakteri tidak terjebak di rambut.

2. Gunakan Cuka

Untuk menghilangkan bau yang tak sedap, kamu bisa memanfaatkan cuka. Boleh cuka biasa ataupun cuka sari apel. Cuka diketahui dapat membantu menurunkan tingkat pH kulit untuk lingkungan anti-bakteri.

Mehmet Oz dari The Dr. Oz Show merekomendasikan obat rumahan ini karena bakteri tidak dapat berkembang dalam keasaman, dan baunya akan hilang. Yang terbaik adalah menyiram cuka di bawah lengan ketika keluar dari kamar mandi. Namun, jangan gunakan cuka setelah kamu mencukur bulu ketiak.

3. Gunakan Witch Hazel dan Tea Tree Oil

Witch hazel dan tea tree oil adalah alat sterilisasi alami yang dapat diaplikasikan pada ketiak karena keduanya merupakan antiseptik alami. Keduana dapat menurunkan pH kulit, yang membuatnya bakteri tak bisa bertahan hidup. Mengoleskan witch hazel secara langsung pada kulit bisa berfungsi sebagai deodoran alami. Bagi mereka yang cenderung berkeringat, Dr. Burns menyarankan untuk menyeka bahan ini ke ketiak dengan arah bawah setidaknya 4 kali sehari.

4. Lemon

Lemon secara alami bersifat asam, jadi berhati-hatilah saat mengoleskan perasan lemon ke ketiak karena dapat menyebabkan sengatan jika digunakan tepat setelah bercukur. Lemon juga bagus untuk membunuh bau dan mencerahkan ketiak yang gelap. Potong lemon menjadi dua dan gosok langsung ke ketiak untuk hasil yang maksimal.