Beauty, pandemi virus corona belum juga berakhir. Meski begitu, sudah banyak negara yang mulai melakukan aktivitas seperti biasa, termasuk Indonesia. Nah, walaupun sudah menjalani kegiatan normal, kamu harus tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Cairan pembersih atau hand sanitizer ini sangat penting saat menjalani kehidupan baru atau new normal seperti sekarang ini. Tapi, saat membeli hand sanitizer kamu harus berhati-hati, ya! Pastikan produk yang kamu beli itu asli dan bukan palsu. Sudah tahu belum bagaimana cara membedakannya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Gunakan tisu

Untuk mengetahui hand sanitizer yang kamu beli itu asli atau palsu, kamu bisa mengetesnya menggunakan tisu. Ambil selembar tisu, lalu buat lingkaran di tengahnya dengan bantuan pena. Selanjutnya, tuang beberapa tetes hand sanitizer ke dalam lingkarannya. 

Baca Juga: Perlu Tahu! 3 Kesalahan yang Masih Sering Terjadi Saat Menggunakan Hand Sanitizer, Jangan Diulangi Ya!

Baca Juga: Berapa Lama Hand Sanitizer Efektif Tangkal Virus di Tangan?

Nah, kalau tintanya memudar, berarti produk hand sanitizer yang kamu beli palsu. Tapi, kalau lingkarannya enggak memudar dan tisunya cepat mengering, berarti produk hand sanitizer yang kamu beli itu asli dan berkualitas baik.

Gunakan pengering rambut

Selain menggunakan tisu, kamu bisa mengetes produk hand sanitizer-mu dengan menggunakan pengering rambut. Caranya, tuang beberapa tetes hand sanitizer ke dalam mangkuk, lalu keringkan dengan hair dryer. Kalau hand sanitizer mengering lebih dari lima detik, berarti itu adalah produk palsu karena kalau yang asli bisa mengering enggak lebih dari lima detik.

Gunakan tepung

Tepung juga bisa menguji produk hand sanitizer yang kamu beli, lho. Caranya, ambil tepung dalam mangkuk, lalu tambahkan hand sanitizer ke dalamnya. Nah, kalau kamu mudah menguleni adonan seperti memakai air, artinya produk hand sanitizer yang kamu beli itu palsu. Sebaliknya, kalau adonan tetap terpisah, berarti hand sanitizer tersebut asli.

Nah, Beauty, itulah ketiga cara mudah untuk mengetahui produk hand sanitizer yang kamu beli itu asli atau palsu. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Harga Masker dan Hand Sanitizer Sudah Kembali Normal! Benarkah Penimbun Rugi Miliaran?

Baca Juga: Keren! Bantu Tenaga Medis, Nivea Keluarkan Ribuan Botol Produk Hand Sanitizer Baru!