Menu

Waspada! Ini Lho Dampak Negatif Media Sosial Bagi Remaja

07 Februari 2022 16:20 WIB
Waspada! Ini Lho Dampak Negatif Media Sosial Bagi Remaja

Seorang wanita sedang memainkan gadget. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

HerStory, Bekasi —

Di era digital seperti sekarang ini memang membuat banyak orang menjadi kecanduan gadget, termasuk anak remaja. Pasalnya, anak remaja saat ini tak bisa dipisahkan dari ponsel dan media sosial.

Walaupun memiliki banyak manfaat, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menimbulkan efek negatif bagi remaja. Ini tentu bisa memengaruhi kehidupan anak lho Moms, di mana usia anak belum begitu matang dalam membedakan mana dunia nyata dan dunia maya.

Untuk itu penting bagi orang tua mengetahui dampak buruk dari kecanduan media sosial pada anak remaja.

Berkomunikasi

Tidak adanya aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial, ini akan membuat mereka sulit untuk membedaka antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata. Remaja pun bisa dengan mudah menemukan komentar-komentar kasar di media sosial, sehingga bukan hal yang mustahil mereka akan menirunya.

Predator seksual

Media sosial menjadi sarang bagi predator kejahatan. Bisa saja seseorang yang baru dikenal anak di media sosial rupanya merupakan predator seks.

Malas

Media sosal membuat remaja menjadi malas belajar karena sudah asik bermain gadget. Tak sedikit anak remaja yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di berbagai platform hingga lupa waktu dan tugas sekolah.

Nah, untuk itu orang tua sebaiknya memberikan batasan pada anak dalam penggunaan media sosial dan gadget.

Baca Juga: Ohh.. Jadi Ini Efek Negatif Pengguna Media Sosial Berlebih pada Hubungan, Catat Ya!

Baca Juga: Angkat Isu Sosial Lagi, Begini Cerita Lagu Baru .Feast!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.