Menu

Aduh! Wanita Yang Merokok Gampang Kena Penyakit Ini!

Iftihal Muslim Rahman
07 Juli 2020 19:00 WIB
Aduh! Wanita Yang Merokok Gampang Kena Penyakit Ini!

ilustrasi wanita yang sedang merokok (Unsplash/Pietro Tebaldi)

HerStory, Jakarta —

Wanita yang merokok masih menjadi hal tabu di Indonesia, tapi bukan berarti gak ada wanita yang merokok. Di kota besar, seperti Jakarta misalnya, wanita yang merokok cukup banyak dan terang-terangan menunjukkan dirinya sebagai seorang perokok. 

Jenis rokok elektrik pun membuat rokok makin digemari beberapa wanita, meskipun sebagian besar lainnya menganggap hal ini gak pantas dilakukan wanita. Namun, wanita dengan paham feminisme pasti menolak pandangan buruk masyarakat tersebut. 

Meskipun begitu, rokok memang berbahaya gak cuma bagi wanita tapi juga pria. Rokok bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius buat wanita. Berikut efek kesehatan yang bisa diterima wanita yang merokok dilansir dari Healtline.com:

1. Kematian

Resiko kematian pada wanita yang merokok tiga kali lebih besar daripada yang gak merokok.

2. Kanker paru-paru

Resiko penyakit pernapasan pasti ada karena rokok memang menyerang paru-paru. Wanita yang merokok punya 25,66 kali resiko kematian akibat kanker paru-paru dibanding wanita yang gak pernah merokok. Jumlah ini melebihi wanita yang meninggal akibat kanker payudara. 

3. Penyakit kordiovaskular

Di Amerika sendiri, ada sekitar 62.000 wanita meninggal setiap tahun karena penyakt ini karena merokok, sebagian besar kasusnya adalah penyakit jantung akibat merokok. Wanita yang merokok punya resiko 25% lebih besar terkena penyakit jantung koroner dibanding pria yang merokok, loh!

4. Sindrom pramenstruasi (PMS)

Merokok bisa meningkatkan pengembangan sindrom pramenstruasi sedang atau berat (PMS) untuk wanita yang mulai merokok selama masa remaja atau masa awal dewasa. Bahaya banget kan, Beauty!

5. Penuaan dini dan keriput pada kulit

Siapa yang rajin perawatan wajah tapi tetap merokok? Usaha kalian bisa sia-sia, Beauty. Wanita dewasa yang merokok punya tiga kali resiko keriput wajah sedang sampai parah dibanding wanita yang gak merokok. Wanita lebih cenderung mengalami perubahan warna pada gusi dan bibir dibanding pria. Ini bisa merusak kecantikanmu juga, Beauty.

Pelan-pelan kamu harus bisa berhenti merokok dan yang nggak pernah mencoba jangan sampai ikutan merokok karena efek samping merokok jauh lebih banyak daripada ini, Beauty!