Menu

Tips Atasi Jenuh dan Bosan Lakoni Status Sebagai Ibu Rumah Tangga, Yuk Moms Saatnya Hempas Stress!

08 Februari 2022 08:45 WIB
Tips Atasi Jenuh dan Bosan Lakoni Status Sebagai Ibu Rumah Tangga, Yuk Moms Saatnya Hempas Stress!

Ilustrasi seorang ibu. (Freepik/ViDIstudio)

HerStory, Jakarta —

Karena rutinitas yang dijalani hanya itu-itu saja dan tentunya banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan bisa membuat ibu rumah tangga stress dalam menjalani harinya lho Moms. Hal itu tentu sangat bahaya apabila dialami secara berkepanjangan. Maka dari itu, selain melakukan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga, ada baiknya untuk memiliki cara mengelola stress dengan baik karena ibu rumah tangga sangat rawan terkena stress dan depresi.

Pasalnya, seperti yang kita tahu, jika seorang ibu rumah tangga atau istri tak bahagia, itu akan berdampak buruk juga pada tumbuh kembang sang anak. Karena seorang ibu adalah madrasah utama bagi anaknya. Sehingga seorang ibu rumah tangga harus bisa terus melakukan rutinitas harian dengan diimbangi pengelolaan stress dengan rutinitas-nya.

Berikut 4 cara menghilangkan jenuh saat menjalani peran sebagai ibu rumah tangga. Mari kita simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Luangkan waktu me-time di setiap harinya

Dalam sehari 24 jam, seorang ibu rumah tangga harus memiliki waktu untuk menyenangkan diri sendiri minimal 1 jam. Me-time ini bisa dilakukan dengan menjalankan hobi seperti menanam, melukis, bernyanyi, bahkan melakukan perawatan. Hal ini akan membuat seorang ibu rumah tangga merasa mendapat reward atau hadiah atas kerja kerasnya sebagai ibu rumah tangga.

2. Olahraga minimal 2 x seminggu

Bukan hanya untuk fisik saja, olahraga juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Bagaimana tak, jika kita rutin berolahraga minimal 2 x seminggu hormon endorfin yang ada dalam tubuh akan semakin naik, dan akan menaikkan mood kita. Ketika mood kita dalam keadaan yang baik, maka kita akan senantiasa senang dalam melakukan rutinitas harian.

3. Bicarakan dengan suami untuk refreshing atau jalan-jalan minimal sebulan sekali

Mungkin agak berat jika kita meminta jalan-jalan arau refreshing mengunjungi tempat wisata kepada suami. Karena mungkin di pikiran suami jika pergi ke tempat wisata atau jalan-jalan hanya akan menghabiskan uang saja. Padahal jalan-jalan tak harus mahal dan jauh, jika di tempat kita terdapat tempat wisata yang bagus, itu bisa saja dilakukan meskipun kita sering mengunjunginya.

4. Lakukan dengan ikhlas bahwa semua perempuan yang sudah menjadi ibu rumah tangga pasti punya ujiannya masing-masing

Segala hal atau kegiatan apapun yang dilakukan secara ikhlas akan membuat kita merasa tenang. Jika kita sedang merasakan jenuh dengan rutinitas ibu rumah tangga, kita harus mengingat-ingat bahwa semua yang kita lakukan adalah bentuk kerjasama kita dengan suami untuk membangun rumah tangga yang harmonis. Maka dari itu, hindarilah membandingkan kehidupan kita dengan orang lain, dan anggaplah apa yang ada pada kita jauh lebih baik dibandingkan orang-orang yang kurang mampu dari kita. 

Itulah tadi 4 cara menghilangkan jenuh saat menjalani peran sebagai ibu rumah tangga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya Moms!

Baca Juga: Jangan Terlalu Larut Dalam Kesedihan, 5 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Usai Bercerai

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini Cara Tepat Berkomunikasi yang Baik dengan Suami, Biar Enggak Salah Paham!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza