Beauty, kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan cuka apel. Biasa disebut ACV (Apple Cider Vinegar), cuka apel memang dikenal dengan beragam manfaatnya untuk tubuh. Cuka apel dikenal karena manfaatnya dalam mearawat kulit, mulai dari mengobati jerawat, menghilangkan ketombe dan meredakan kulit terbakar.

Tak hanya kesehatan kulit, ternyata cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh lho. Salah satu manfaat mengonsumsi cuka apel adalah bisa menurunkan berat badan. Nah, ternyata ada beberapa manfaat kesehatan saat kamu meminum cairan fermentasi apel ini di pagi hari, simak terus ya!

Meningkatkan Pencernaan

Dosis asam di pagi hari menyeimbangkan pH lambung sehingga bisa mencerna makanan dengan lebih efektif. Cuka apel juga dapat mengurangi kembung dan mencegah naiknya asam lambung sebagai hasil dari pencernaan yang lebih baik.

Baca Juga: Ini Lho Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan, Bisa Hilangkan Jerawat!

Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut sebuah penelitian di Arizona State University, para ilmuwan menemukan dua sendok cuka apel yang dikonsumsi dengan camilan bisa menurunkan kadar gula darah dibandingkan dengan konsumsi air dengan camilan. Ini berarti bahwa cuka sari apel juga membantu menurunkan gula darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mungkin salah satu manfaat utama asam ketika minum cuka apel secara rutin adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Cuka sari apel mengandung asam, sehingga menghancurkan bakteri yang masuk ke tubuh sebelum dapat bermutasi menjadi penyakit flu atau batuk.

Meningkatkan Energi

Cuka sari apel tak hanya memberi daya tahan pada sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan energi pada tubuh lho. Cuka apel memiliki sifat alkali yang dapat mengimbangi tingkat energi sehingga kamu bisa aktif sepanjang hari.

Mendetoksifikasi Tubuh

Mengonsumsi cuka sari apel di pagi hari bisa membantu membersihkan dan detoksifikasi hati. Cuka apel bisa menghilangkan zat beracun atau tidak sehat dalam tubuh tanpa perlu menggunakan detoksifikasi kompleks.

Selain itu, rutin mengonsumsi cuka apel saat pagi hari ternyata juga bermanfaat untuk usus. Ini berpotensi melindungi tubuh dari bakteri penyebab penyakit dan menghilangkan zat beracun. Tunggu apa lagi, segera konsumsi cuka apel ya, Beauty!