Kentut merupakan salah satu kebiasaan yang paling dihindari oleh kebanyakan, karena sering dianggap jorok dan enggak sopan. Tapi ternyata melalui kebiasaan yang sering dihindari ini kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan badan kamu lho!

Kentut sendiri memiliki beberapa jenis, seperti kentut yang berbunyi, enggak berbunyi, enggak berbau hingga bau yang sangat menyengat. Hal ini ternyata bukan hanya sekedar kebiasaan saja, setiap gas yang kita keluarkan memiliki arti tersendiri terhadap kondisi badan kita. Berikut ini, HerStory sudah merangkum (08/07/2020) arti jenis kentut untuk mengetahui kondisi tubuhmu.

Kentut yang Berbau tetapi Enggak Bunyi

Baca Juga: Cuaca Makin Dingin di Tengah Pandemi? Begini Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat!

Baca Juga: Puasa Skincare? Jangan Sembarangan Ikut Tren!

Untuk kamu yang suka merasakan jenis kentut yang seperti ini maka kamu dinyatakan sehat. Biasanya kentut ini terjadi karena makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan belerang yang tinggi seperti kol, brokoli, kangkung, pakcoy, telur, bawang dan juga daging. Makanan ini termasuk dalam jenis makanan yang paling baik untuk tubuh kita karena memiliki banyak manfaat.

Kentut Enggak Berbau

Untuk jenis kentut ini bisa menandakan kalau tubuh kamu sedang diisi dengan banyak udara atau angina. Menurut seorang ahli gastroenterology di New York mengatakan bahwa kentut yang enggak berbau ini biasanya karena angina yang mendapatkan tekanan. Biasanya udara tersebut bisa tertekan akibat aktifitas yang kita lakukan seperti memakan permen, meminum minuman yang bersoda dan menghisap permen.

Jika, enggak keluar sebagai ketut maka udara ini akan keluar menjadi sendawa juga lho! Meskipun terdengar enggak berbahaya tapi udara ini tetap harus dikeluarkan dari tubuh kamu ya supaya enggak ada penumpukan udara di dalam tubuh.

Baca Juga: Wajib Tahu! Alkohol Dapat Menurunkan Imunitas Tubuh, Ini Penjelasan Ahli

Baca Juga: YOUVIT Membuat Program Bertajuk #TunjukinPassionmu dengan Imunitas Maksimal untuk Mengisi Waktu selama di Rumah!

Kentut Berbau Menyengat

Nah, untuk jenis kentut yang satu ini biasanya menandakan kalau ada yang enggak beres dengan perut kamu, biasanya akibat ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di sistem pencernaanmu. Oleh karena itu kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung Prebiotik yang tinggi, makanan ini berfungsi untuk menetralkan bakteri jahat dan meningkatkan produksi bakteri baik di dalam penceraanmu.

Tapi, kalau misalkan kejadian kentut ini terus terjadi dibarengi dengan penurunan berat badan, kembung, mual, kelelahan atau pendarahan lebih baik kamu segera konsultasi dengan dokter ya karena itu bisa jadi gejala dari malabsorpsi atau pertumbuhan bakteri usus kecil secara berlebihan.

Kentut yang Keluar Secara Beruntun

Jenis kentut yang terakhir adalah kentut yang keluar secara beruntun. Kentut ini biasanya disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi merupakan makanan nabati seperti kacang, lentil, asparagus hingga pisang hijau. Kandungan serat larut yang ada pada makanan tersebut menghasilkan gas di dalam sistem pencernaan kita lho!

Lalu, kalau jenis kentut ini dibarengi dengan bau maka bisa jadi tubuh kamu sedang mengalami intoleransi makanan atau kondisi ketika tubuh sedang kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dengan baik, keadaan ini biasanya terjadi karena seseorang memakan laktosa (susu) dan gluten (gandum).

Wah, mulai sekarang kamu bisa menilai kesehatan temanmu hanya melalui kentutnya lho, Beauty!