Menu

Vaksin Covid-19 Bisa Bikin Alergi, Ini Tanda dan Cara Menanganinya...

08 Februari 2022 14:00 WIB
Vaksin Covid-19 Bisa Bikin Alergi, Ini Tanda dan Cara Menanganinya...

Ilustrasi vaksin booster. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Pandemi Covid-19 yang belum usai membuat masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan melakukan vaksinasi untuk menurunkan risiko terpapar virus corona.

Namun, rupanya vaksin Covid-19 bisa menimbulkan alergi pada beberapa orang. Menurut CDC, reaksi alergi tersebut bisa terjadi dalam waktu empat jam setelah vaksinasi.

Melansir dari berbagai sumber (8/2/2022), para ahli mengungkapkan beberapa reaksi alergi yang umum terlihat setelah vaksinasi Covid-19, yaitu demam, menggigil, batuk, dan sesak napas.

Selain itu, seseorang yang alergi dengan vaksin Covid-19 juga bisa merasa lelah, nyeri tubuh, sakit kepala, kehilangan indra perasa atau penciuman, sakit tenggorokan, diare, mual, dan muntah.

Alergi vaksin sebagian besar dikaitkan dengan Polysorbate-80. Turunan dari Polyethylene Glycol ini adalah salah satu bahan dalam vaksin yang dikatakan menyebabkan alergi pada banyak orang.

Mengutip dari Healthline, para ahli menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum vaksinasi. Dokter dah ahli juga menyarankan untuk terus minum obat alergi sebelum dan sesudah vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Bakal Ada Vaksin Dosis Keempat? Ini Kata Satgas Covid...

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Usai, Pakar Kembali Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Booster, Jangan Sampai Enggak Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.